Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Sean Raih Hasil Positif di Japfa Grand Master Tournament 2015

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pecatur Indonesia, IM Sean Winshand Cuhendi meraih hasil positif pada ajang Japfa Grand Master (GM) Tournament 2015. Dari dua babak yang dilakoni, dia sukses menaklukkan pecatur India GM Geetha Narayanan Gopal dan mengimbangi atlet putri Rumania, IM Alina L’Ami.

Kini, Sean menempati peringkat ketiga klasemen sementara dengan raihan 1,5 poin di bawah GM Nguyen Anh Dung, India (2 poin) dan GM Sergey Tiviakov, Belanda (1,5 poin). Namun, raihan ini belum aman karena dia harus bersaing lagi hingga babak ke-11.

Pada ronde ketiga, Sean berhadapan dengan pecatur satu negara, yakni FM Muhammad Luthfi Ali. Sean berpeluang besar mengalahkaan Luthi Ali karena posisinya sedang jeblok. Dari dua babak yang dijalani, pecatur asal Purbalingga tersebut baru mengemas setengah poin hasil remis lawan atlet Filipina GM Rogelio Antonia Jr.

Di babak kedua, dia ditaklukkan GM Sergei Tiviakov, sehingga menempatkannya di posisi ke-10 dari 12 peserta yang ambil bagian. Sean mengaku butuh bermain tenang agar bisa mencapai target yang diinginkan. Karena itu pada setiap babak yang dilakoninya, dia akan tetap fokus.

“Target saya pada turnamen ini adalah meraih norma GM. Kalau sampai terwujud, tentu menjadi penghargaan dalam karier saya,” kata Sean.

Namun dia mengaku bukan urusan mudah mencapai target tersebut. Sebab, lawan yang dihadapi memiliki kualitas merata, bahkan ada yang memiliki gelar GM. “Saya butuh persiapan sebelum bermain di setiap babak. Apalagi, semua lawan sangat berkualitas. “Saya hanya berharap bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” jelasnya.

Sementara itu, pecatur putri Indonesia WGM Medina Warda Aulia juga berpeluang meraih norma GM. Pecatur 18 tahun ini belum terkalahkan dalam dua babak awal. Medina sukses mengalahkan rekan senegara IM Tirta Chandra Purnama di ronde pertama, selanjutnya bermain imbang lawan Geetha Narayanan Gopal. Dengan hasil ini, dia menempati posisi keempat dengan torehan sama seperti Sean, yaitu 1,5 poin.

(Arif M Iqbal/ CN26)

Comments

comments