Foto: SeanGP

Sean Antusias Satu Lintasan dengan Mantan Pebalap F1

Foto: SeanGP

Foto: SeanGP

FUJI, suaramerdeka.com – Pebalap Indonesia, Muhammad Sean Gelael antusias jelang balapan ketahanan enam jam FIA World Endurance Championship (WEC). Pria 19 tahun itu akan berada satu lintasan bersama para pembalap berpengalaman yang pernah berlaga di ajang Formula 1, seperti Mark Webber, Kamui Kobayashi, Kazuli Nakajima, Giedo Van der Garde, dan Bruno Senna.

Pada balapan ini para pebalap dibagi dalam beberapa kategori, seperti LMP1, LMP2, GT dan LMGTE. Sebagian mantan pembalap F1 mengikuti kategori LMP1 dan LMP2.

Sean akan membalap di kategori LMP2 bersama pembalap Italia, Antonio Giovinazzi dan Van Der Garde. Meski dibagi dalam empat kategori, semua tim akan berpacu dalam lintasan sama dan waktu yang sama. Total 32 mobil yang akan beradu pacu di lintasan.

Balapan di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, Minggu (16/10), merupakan seri ketujuh dari total sembilan seri. Enam seri sebelumnya, yakni di Sirkuit Silverstone, Spa Francorchamps, Le Mans, Nurburgring, Mexico, dan Circuit of The America. Sementara dua seri selanjutnya akan digelar di Shanghai dan Sakhir.

Sean akan mebawa bendera tim Extreme Speed Motorsport yang disponsori Jagonya Ayam KFC Indonesia. Pebalap yang kini masih berkompetisi dalam balapan GP2 itu akan mengemudikan mobil bernomor 30.  Pemilik tim Jagonya Ayam KFC Indonesia yang juga ayah kandung Sean, Ricardo Gelael mengatakan, pada balapan WEC ini, Sean dan tim tidak dibebani target yang tinggi.

Ricardo hanya berharap Sean bisa belajar sekaligus menguji kemampuan balapnya saat tampil bersama satu lintasan dengan beberapa mantan pembalap F1 dan pembalap berpengalaman lainnya.

Selain ketenangan, kesabaran dan konsistensi, ajang ini juga menguji keberanian pembalap. “Sebenarnya ini ujian yang komplet bagi pembalap. Tentu saja ini juga bagus buat Sean yang masih perlu banyak belajar untuk mematangkan karier balapnya di GP2,” kata Ricardo, Kamis (13/10).

(Wahyu Wijayanto / CN26)

Comments

comments