Foto: suaramerdeka.com / dok

SBL Unika Suguhkan Tim Bintang

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Basket Unika Soegijapranata menggelar Soegijapranata Basketball League (SBL) dari 18 Januari sampai dengan 20 Februari 2016. Ketua Panitia SBL Emmanuel Ivan menyatakan, liga bola basket yang digelar menggunakan peraturan FIBA (Fédération Internationale de Basket-ball).

“Liga basket ini kami bagi menjadi dua season, season pertama sudah berlangsung dari 18 sampai dengan 23 Januari. Season kedua dari 1 sampai dengan 3 Februari kemudian Play Off 5-6 Februari dan Final 17,19,20 Februari,” kata pria yang akrab disapa Ivan, Jumat (22/1).

Kejuaraan liga basket ini lanjutnya, diikuti oleh tujuh tim putra dan empat tim putri dari tujuh SMA di Kota Semarang. Peserta dipilih dan diundang panitia berdasarkan prestasi yang telah didapat selama ini. Pelaksanaan liga ini baru pertama kali dilaksanakan dan diharapkan sebagai sarana pembinaan tim basket di sekolah-sekolah dengan standar FIBA.

“Kami sengaja hanya mengundang tim-tim yang memiliki prestasi dan kekuatannya hampir merata. Selain tim-tim yang berprestasi yang bertanding, liga juga sangat ketat dengan dua season, play off dan final yang mencari dua kemenangan terbaik untuk juaranya,” tutur Ivan.

Selain ketat Pelatih UKM Bola Basket Unika Soegijapranata Didik Armanto menambahkan, liga kali ini menggunakan waktu bersih. Jadi, satu pertandingan 10×4 kuarter bisa menghabiskan waktu rata-rata dua jam.

Sementara itu Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Lita Widyo Hastuti menyatakan, kompetisi basket antar SMA yang diadakan tujuannya untuk pembinaan dan nantinya akan dikembangkan lebih lanjut. Kegiatan ini juga merupakan bentuk pendampingan Unika Soegijapranata kepada mahasiswanya. “Mahasiswa tidak hanya tumbuh secara akademik tetapi juga non akademik. Selain hard skill kami juga melatih mereka pada sisi soft skill,” paparnya.

(Puthut Ami Luhur / CN26)

Comments

comments