Foto: AP Photo

Satu Kemenangan Lagi, Hamilton Samai Pencapaian Nigel Mansell

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

SUZUKA,  suaramerdeka. com – Lewis Hamilton selangkah lagi bakal menyamai pencapaian Nigel Mansell, sebagai pemegang rekor jumlah kemenangan untuk pebalap dari Inggris Raya. Dia sendiri sudah menjadi pebalap ketujuh dalam sejarah F1 yang sukses menembus 30 kemenangan usai memenangi GP Jepang.

Ia merupakan orang ketujuh yang berhasil melakukannya setelah Mansell/Inggris Raya (31), Fernando Alonso/Spanyol (32), Sebastian Vettel/Jerman (39), Ayrton Senna/Brasil (41), Alain Prost/Prancis (51), dan Michael Schumacher/Jerman (91).

Hami sendiri lton tinggal butuh satu kemenangan untuk bisa menyamai torehan Mansell. Bahkan jika mampu meraih dua kemenangan lagi maka ia akan menjadi pebalap Inggris Raya dengan jumlah kemenangan terbanyak di sejarah F1.

Hamilton sendiri sudah meraih delapan kemenangan dari 15 seri musim ini. Sebelum ini ia baru bisa mencapai jumlah kemenangan serupa dengan menggabungkan hasil di tiga musim terakhir.

Kemenangan Hamilton di Suzuka, Minggu (6/10), jugga sekaligus menambah keunggulannya di puncak klasemen atas rekan setimnya di Mercedes sekaligus pengejar terdekatnya, Nico Rosberg, menjadi 10 poin. Hasil itu juga membuat Hamilton sudah memenangi tiga balapan terakhir musim ini.

Namun demikian, Hamilton tak menyambut kemenangan teranyarnya itu dengan terlalu gembira. Pasalnya GP Jepang juga diwarnai insiden crash-nya Jules Bianchi yang mengalami cedera serius dan mesti naik meja operasi.

“Ini jelas benar-benar sebuah anti-klimaks mendengar salah satu rekan kolega kami cedera serius jadi itulah kerisauan utamanya,” kata Hamilton kepada BBC.

(Andika Primasiwi, rtr, BBC / CN26)

Comments

comments