Foto: suaramerdeka.com/Hendra Setiawan

Sasana Rambo Terus Giatkan Pembinaan

Foto: suaramerdeka.com/Hendra Setiawan

Foto: suaramerdeka.com/Hendra Setiawan

SEMARANG, suaramerdeka.com – Tahun ini, sasana Muay Thai Rambo Semarang terus menggiatkan pembinaan petarung muda. Mereka ingin berkonstribusi untuk menghasilkan para atlet yang nantinya bisa membela Kota Semarang di kancah provinsi maupun Jateng.

Saat ini, ada belasan petarung yang berlatih di sasana yang terletak di Jalan Bintoro III Nomor 31, Gayamsari. Setiap sore sepulang sekolah, mereka mendapatkan latihan teknik pukulan dan tendangan. Pendekatan kesabaran pun dilakukan, karena sebagian besar atlet masih muda.

Ketua Yayasan Muay Thai Rambo, Didik Hartanto mengatakan, untuk atlet muda, pihaknya tidak semata-mata mengincar prestasi. Namun, lebih kepada proses agar nantinya, para atlet tersebut menjadi petarung tangguh. Menurutnya, butuh proses yang tidak sebentar untuk mewujudkannya.

“Kami sedang gencar melakukan pembinaan dan regenerasi. Belasan petarung muda memenuhi Sasana Rambo, setiap sorenya untuk berlatih. Dengan latihan tekun, kami optimistis, para petarung muda ini dapat mendulang prestasi beberapa tahun lagi,” sambung Didik.

Bila sudah siap, imbuhnya, para petarung-petarung muda tersebut akan dikirimkan ke beberapa kejuaraan. Bukan hasil akhir atau kemenangan yang dicari. Melainkan untuk menambah jam terbang dan mengasah mental para pemain muda yang seringkali masih labil.

Sasana Rambo tidak hanya mengirimkan atletnya tampil untuk kejuaraan muay thai, namun juga kickboxing, tinju dan tarung bebas. Menurutnya, pada dasarnya prinsip olahraga tersebut tidak jauh berbeda, yakni butuh keberanian dan nyali. Tinggal pematangan penjurusan kepada masing-masing bela diri.

Sasana muay thai Rambo pertama didirikan di Yogyakarta pada tanggal 10 November 2005 lalu, oleh Sony Rambo, Mulyanto, Wasith Aulawi. Seiring dengan berjalannya waktu muay thai Rambo mulai mendirikan cabang sasana di Solo dan Semarang.

Pada tanggal 25 Agustus 2013 dibentuk kepenggurusan Rambo Muaythai Pusat di Semarang dan melantik Didik Hartanto sebagai sebagai Ketua Umum. Para pendiri Rambo Muaythai merupakan atlet muaythai dan kickboxing yang berpengalaman di bidangnya.

Sebagai sarana pemberdayaan atlet, Rambo Muaythai juga mengemas olahraga thai boxing ini ke dalam konsep “learn and fun” yaitu untuk kebugaran dan pembentukan tubuh.  Diharapkan kesan thai boxing sebagai olahraga keras akan berubah dan digemari semua kalangan baik pria, wanita maupun anak-anak, yang menginginkan tubuh sehat dan ideal sekaligus menguasai seni bela diri muay thai.

(Hendra Setiawan/CN39)

Comments

comments