Foto: crash.net

Rossi Klaim Berada di Depan Marquez

Foto: crash.net

Foto: crash.net

ASSEN, suaramerdeka.com - Menyusul insidennya dengan Marc Marquez, Valentino Rossi akhirnya melontarkan pembelaan diri dengan menyebut, dirinya berada di depan Marquez sebelum insiden tersebut terjadi.

“Mungkin, sebaiknya kita sama-sama melihat berbagai gambar yang ada karena tiap orang punya sudut pandang masing-masing. Sudut pandang saya adalah saya sudah berada di depan,” ujar Rossi seperti dilansir Autosport.

Kedua pebalap terlibat pertarungan sengit menjelang garis finis pada balapan MotoGP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Sabtu (27/6) malam WIB, . Pada chicane terakhir, keduanya berduel dengan jarak yang amat berdekatan.

Pada akhirnya, Rossi mengaku terpaksa keluar dari lintasan sebelum akhirnya langsung menggeber gas dan memotong jalan. Akibat aksi ini, Rossi pun finis lebih awal sehingga Marquez merasa “dicurangi”.

“Saya mengerem dengan keras, saya tetap berada di tengah dan saya sudah masuk ke bagian pertama chicane ketika dia datang ke arah saya. Saya hanya melihat bannya dan dia menyentuh siku saya. Saya ingin melewati chicane itu dan saya sudah berada di jalur saya.”

Menurut race director MotoGP, Mike Webb, Rossi juga sudah berada di depan ketika insiden itu terjadi. Webb menilai, setelah melihat berbagai sudut pandang dari berbagai kamera –termasuk kamera helikopter–, kejadian antara kedua pebalap adalah sah.

“Sayangnya, dia menyentuh saya dan membuat saya keluar. Saya tidak punya kesempatan untuk tetap berada di jalur saya. Ketika saya berada di gravel, reaksi pertama saya adalah menggeber gas sekencang-kencangnya, karena saya tidak tahu seberapa dalam gravel-nya. Saya beruntung bisa tetap mengontrol motor saya. Ini adalah versi saya, kita semua sudah tahu versinya,” kata Rossi.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments