Foto: AP Photo

Rosberg Sempat Berpikir Hamilton Salah Ambil Keputusan

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

NORTHAMPTONSHIRE, suaramerdeka.com – Pebalap Mercedes, Nico Rosberg sempat menilai rekan setimnya, Lewis Hamilton mengambil keputusan yang keliru. Hal itu membuatnya merasa yakin bisa menyusul Hamilton, di fase akhir GP Inggris sebelum akhirnya malah dia terbukti keliru.

“Itu adalah balapan yang bagus dan saya bekerja keras untuk mencoba menyusul Lewis di bawah kondisi yang sulit. Tapi kemudian dia membuat keputusan yang lebih baik dengan pit-stop,” kata Rosberg dikutip Crash.

Dalam balapan di Sirkuit Silverstone itu, Rosberg harus puas finis sebagai runner-up usai menuntaskan balapan dengan selisih 10,9 detik di belakang Hamilton. Saat balapan memasuki 10 putaran terakhir, pebalap Jerman itu sempat merasa yakin bisa menyusul Hamilton.

Usai melewat duo Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas, Rosberg merasa dalam laju bagus untuk mulai mendekati Hamilton. Optimisme Rosberg bertambah saat menyaksikan Hamilton masuk pit untuk mengganti ban.

Meski saat itu hujan memang mengguyur ringan mengguyur sejumlah sektor, Rosberg menilai penggunaan ban intermediate belumlah mendesak karena hujan tak terlampau deras.

“Saya sempat sangat bersyukur hujan turun. Saya merasa dalam kondisi bagus, mampu menyerang dan melewati dua pebalap Williams, lalu mendekati Lewis dengan cepat. Saya sebelumnya berharap kondisinya tetap seperti itu sehingga saya bisa menyerang Lewis di sejumlah kesempatan, tapi kemudian dia masuk pit,” kata Rosberg.

Pada akhirnya malah Rosberg-lah yang terbukti melakukan blunder. Keputusannya untuk bertahan lebih lama di trek membuat Hamilton bisa menuntaskan balapan dengan lebih mulus karena hujan pada prosesnya turun lebih deras dan merata.

“Saya sempat cukup yakin bahwa itu adalah keputusan yang salah karena kondisi cuaca masih memungkinkan meski tak bisa ditebak pada waktu itu, jadi saya cukup senang dia masuk pit. Tapi terbukti bahwa itu jadi langkah tepat karena hujan mulai turun lebih deras di akhir putaran tersebut dan begitulah,” tandasnya.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments