Foto: AP Photo

Roger Federer ke Semifinal AS Terbuka

NEW YORK, suaramerdeka.com - Roger Federer akhirnya melenggang ke semifinal AS Terbuka setelah susah payah mengatasi perlawanan Gael Monfils di babak perempat final. Sempat tertinggal dua set, Federer yang unggulan kedua akhirnya memenangi pertandingan dengan 4-6, 3-6, 6-4, 7-5, dan 6-2 atas Monfils yang merupakan unggulan 20.

Di set pertama, Monfils mulai menggebrak di game kelima setelah sebuah kesalahan dari Federer sekaligus mencatatkan break pertama dalam pertandingan ini. Pada akhirnya, break itu menjadi membuat Monfils memenangi set pertama usai memaksimalkan game servisnya di game sepuluh.

Di set kedua, Monfils yang masin on, langsung beraksi di game awal set kedua. Dia langsung mematahkan game servis Federer dengan pengembalian bola yang keras. Satu break lain dilakukan Monfils di game sembilan untuk merebut set kedua bermodal pukulan kerasnya plus kesalahan-kesalahan Federer.

Set ketiga lantas menjadi titik awal kebangkitan Federer. Selepas break yang dibuatnya di game kelima Federer relatif pegang kendali sampai akhirnya memastikan kemenangan pada set ketiga ini lewat permainan servis apik di game 10.

Di game tiga set keempat Federer berhasil mematahkan game servis Monfils untuk memimpin 2-1. Monfils yang tak mau kalah sempat melakukan break di game berikutnya sekaligus memberi perlawanan lebih sengit. Namun, di game 11 dia melakukan dua double fault dan memberi peluang buat Federer untuk melakukan break lain dan unggul 6-5. Di game berikutnya Federer pun memastikan diri memenangi set keempat.

Pada set penentu momentum sudah berada di sisi Federer yang langsung mematahkan servis game Monfils di game pertama (1-0) lalu game kelima (4-1). Di game delapan Federer pun akhirnya memastikan tiket ke semifinal kendatipun sempat di ujung tanduk. Reuters menyebut ini merupakan kesembilan kalinya dalam karier Federer ia berhasil menang walaupun sempat tertinggal dua set terlebih dulu.

Di babak empat besar Federer, peraih lima titel AS Terbuka (2004 sampai 2008) kendatipun tahun lalu sudah kandas di babak keempat, akan berhadapan dengan unggulan 14 Marin Cilic yang mengalahkan unggulan enam Tomas Berdych dengan 6-2, 6-4, dan 7-6(4).

(Andika Primasiwi, rtr/CN26)

Comments

comments