Foto: Getty Images

Repsol Honda Komentari Penampilan Buruk Dani Pedrosa Musim 2014

Foto: Getty Images

Foto: Getty Images

TOKYO, suaramerdeka.com – Perubahan regulasi dan cedera di awal musim disebut menjadi penyebab buruknya penampilan Dani Pedrosa musim 2014 lalu. Bisa dikatakan, musim 2014 adalah musim terburuk bagi Pedrosa sejak dia terjun di kelas MotoGP.

“Buat Dani di awal musim dia punya masalah dengan lengannya. Dia sudah memeriksakan itu. Ketika itu dia tidak mampu menemukan ritme, untuk empat atau lima balapan. Di Sepang dia sangat-sangat cepat. Dia mengalami kecelakaan. Dia juga punya kecepatan bagus di Valencia. Saya sangat senang dia finis di atas podium. Tahun ini dia cuma menang satu kali tapi saya yakin dia punya potensi untuk bisa lebih lagi,” sahut Wakil Presiden HRC, Shuhei Nakamoto.

Di sepanjang musim 2014, Pedrosa hanya mendapat satu kemenangan yakni dalam GP Rep Ceska. Ini adalah kali pertama dia cuma dapat satu kemenangan dalam satu musim sejak turun di kelas MotoGP pada tahun 2006.

Performanya jelas kalah jauh dari Marc Marquez, yang berhasil memenangi 10 balapan awal dan kemudian mengunci gelar juara dunia. Meski kurang memuaskan, kubu Honda percaya kalau penampilan buruk rider-nya itu beralasan dan disebabkan beberapa hal non teknis.

“Dani kesulitan mencapai catatan waktu yang bagus. Dia mencoba mengatasinya dengan pengereman yang sangat dalam yang memakan lebih banyak ban sehingga dia bisa mencatat waktu lebih baik. Di beberapa balapan lainnya kondisi yang berkebalikan terjadi. Dia bisa cepat tapi di paruh kedua tidak bagus karena mesin dan grip. Dani pebalap yang sensitif.”

Selain itu, hal lain mempengaruhi penampilan Pedrosa adalah aturan soal pembatasan jumlah bahan bakar. Itu disebut Nakamoto memberi pengaruh pada Pedrosa di awal-awal seri.

“Dia suka suspensi yang lebih keras di belakang karena itu membuatnya lebih mudah mendapat waktu terbaik tapi kadang dia memilih yang lebih lunak karena dia memikirkan seluruh balapan. Sekarang Dani tidak cuma memikirkan bagaimana mendapat waktu lap yang bagus. Dia juga memikirkan keseluruhan balapan,” tandas Nakamoto di Crash.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments