Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

Renang Andalkan Potensi Muda

Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Delapan belas perenang lolos dalam seleksi National Paralympic Committee (NPC) Jateng yang diproyeksikan untuk menghadapi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2016.

Kendati belum masuk pelatda, mereka telah menjalani latihan rutin di kolam renang Tirtomoyo Jebres, Solo, sebagai persiapan bersaing di Bandung, 15-24 Oktober mendatang.

Performa para atlet difabel tersebut ditempa Gatot Dody Jatmiko yang dipercaya NPC Jateng untuk memolesnya. Pelatih renang tersebut berusaha meningkatkan kemampuan perenang-perenang Jateng dalam latihan setiap sore, meski saat ini memasuki bulan Ramadan.

‘’Sebagian di antara mereka merupakan perenang-perenang muda debutan, namun potensinya bagus. Saya yakin, atlet-atlet muda itu nanti juga bisa menyumbang medali di Peparnas Jabar nanti,’’ kata Gatot, Minggu (26/6).

Perenang senior yang menjadi andalan Jateng antara lain Agus Ngaimin. Atlet asal Cilacap itu bahkan telah meraih tiket menuju Paralympic Games 2016 untuk nomor 100 meter gaya punggung S6. Dia bakal berangkat ke Rio de Janeiro bersama tujuh atlet lain NPC Indonesia yang lolos ke Paralympic, 8-17 September mendatang.

Perenang Muda

Sementara salah seorang perenang muda yang dijagokan merebut medali adalah Erika di kelas S11. Atlet tuna netra yang masih duduk di bangku SD itu rencananya turun untuk gaya bebas, gaya punggung dan daya dada.

‘’Pada Peparpenas 2015, Erika berhasil merebut emas untuk nomor 50 meter pada tiga gaya yang diikutinya itu. Potensi dia memang bagus. Bahkan hampir di setiap kejuaraan, dia bisa memecahkan rekornya sendiri,’’ tambah Plt Ketua NPC Jateng, Bangun Sugito.

Sepuluh cabang akan diikuti Jateng dalam Peparnas Jabar. Selain renang yang telah menyeleksi 18 atlet, terdapat sembilan cabang lain. Yakni atletik, renang, voli duduk, bowling, bulu tangkis, tenis meja, panahan, sepak bola, catur dan angkat berat. Total 156 atlet terjaring dalam seleksi yang telah diselenggarakan beberapa waktu lalu.

‘’Kami menargetkan gelar juara umum lagi pada Peparnas mendatang,’’ tandas Bangun Sugito.

(Setyo Wiyono/CN39/SM Network)

Comments

comments