Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Ratusan Karateka Perebutkan 88 Emas pada Kejurda Lemkari Jateng 2016

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Ratusan karateka perguruan Lemkari bakal bertarung dalam Kejurda Terbuka Lemkari Jateng 2016 di Solo, Kamis-Jumat (22-23/12) mendatang. Mereka akan memperebutkan 88 medali emas dalam pertarungan di GOR Manahan tersebut.

“Ada dua kelompok yang akan digelar dalam kejuaraan itu. Yakni kelompok yang khusus diperuntukkan bagi atlet yang benar-benar pemula dan belum pernah jadi juara, serta kelompok umum,” kata Ketua Harian Pengda Lemkari Jateng Ibnu Salimi di Solo, Senin (19/12).

Sekretaris Fahrur Syidi menjelaskan, terdapat 30 medali emas yang diperebutkan di kelompok khusus. Rinciannya, sepuluh emas untuk kategori kata perorangan dan 20 emas bagi para juara kumite.  Pada kelompok itu digelar persaingan bagi kelas prausia dini, usia dini, prapemula, pemula dan kadet.

“Adapun kelompok umum memperebutkan 76 emas, yang terinci atas 58 keping untuk kumite dan 18 untuk kategori kata. Kelompok umum menggelar persaingan mulai kelas pra usia dini hingga senior dan veteran,” jelasnya.

Salimi memprediksi, pertarungan perebutan simbol juara berlangsung ketat. Sebab perkembangan perguruan karate Lemkari di berbagai daerah di Jateng kian pesat. Pada ajang serupa tahun lalu di Magelang, gelar juara umum diraih Lemkari Jepara, disusul Lemkari Kudus dan klub Solo Karate Club (SKC) Solo.

“Tim-tim dari daerah itu memang memiliki potensi bagus. Tapi bukan tidak mungkin, nanti dominasi mereka bakal tersaingi kontingen-kontingen lain,” ujar pria asal Solo tersebut.

Di samping memacu prestasi para atlet, kejurda itu diharapkan menjadi arena munculnya bibit-bibit karateka potensial. Menurut Fahrur, ajang tersebut sekaligus sebagai seleksi bagi Jateng untuk menghadapi Kejurnas Lemkari di Bali, 27-29 Januari 2017. “Tentu saja yang diberangkatkan ke Kejurnas nanti adalah para juara dari kelompok umum,” tuturnya.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments