Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Ratusan Karateka Berebut 17 Emas Semarcup IX

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Ratusan karateka dari berbagai perguruan tinggi bakal bertarung pada kejuaraan antarmahasiswa Sebelas Maret Cup IX/2015. Mereka bersaing memperebutkan 17 medali emas pada ajang bertajuk South East Asian University Karate Championship Semarcup IX yang akan digelar di GOR Sritex Arena Solo, Jumat-Minggu (6-8/3).

Ketua panpel Yuda Virgantara Agustia mengungkapkan, hingga sekitar pukul 15.00 hari ini sudah ada 296 atlet dari 49 kontingen yang memastikan keikutsertaannya dalam event dua tahunan itu. ”Jumlah tersebut diprediksi terus bertambah hingga mendekati target 500 atlet, karena pendaftaran ditutup Kamis (5/3) malam,” kata dia.

Kendati berskala Asia Tenggara, tapi panitia tidak berani memastikan kehadiran kontingen asing dalam pertarungan tersebut. ”Semula, perguruan tinggi dari beberapa negara menyatakan akan hadir. Namun hingga kini belum ada yang memberi konfirmasi lagi secara jelas, seperti Filipina, Singapura dan Timor Leste. Brunei dan Malaysia tak jadi mengirim atlet karena pada waktu yang sama ada kejuaraan pula di negaranya,” ujar Yuda.

Kejuaraan dalam rangkaian Dies Natalis Ke-39 UNS Surakarta itu diselenggarakan UKM Inkai universitas setempat. Ketua UKM Imam Syafei menyebutkan, tuan rumah menurunkan 17 karateka untuk bersaing dalam perburuan medali.

Para karateka tersebut akan turun di kategori kata dan kumite putra-putri. ”Kami targetkan tujuh-delapan medali emas untuk kembali meraih gelar juara umum seperti Semarcup VIII/2013,” katanya.

Kendati demikian, tim tuan rumah harus berjuang menghadapi kontingen-kontingen lain. ”Kami perkirakan pesaing berat antara lain kontingen UNY dan Undiksa Bali,” tuturnya.

(Setyo Wiyono/ CN26)

Comments

comments