Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Raih 10 Emas, Tim Lemkari Jepara Kokoh di Puncak

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Tim Lemkari Jepara sukses mempertahankan gelar juara umum pada Kejurda Terbuka Lemkari Jateng 2016 di Solo, Kamis-Jumat (22-23/12). Meraih 10 medali emas, delapan perak dan 11 perunggu, tim Kota Ukir kokoh di puncak, disusul Banjarnegara (tujuh emas, dua perak dan 10 perunggu), serta Cadet Dojo Sukoharjo (lima emas, dua perak dan tiga perunggu).

“Alhamdulillah, kami dapat mempertahankan gelar juara umum yang sebelumnya kami raih dari ajang serupa di Magelang tahun lalu. Hasil ini sesuai target awal kami,” kata Ketua Majelis Sabuk Hitam Lemkari Jepara, Sulistyo Handoko.

Tim tersebut menurunkan 43 atlet pada ajang rutin tahunan itu. Menurut dia, hanya tujuh karateka dari total karatekanya yang turun di kelompok khusus pemula (tidak diperhitungkan dalam pengumpulan medali untuk juara umum). Karateka lainnya bertarung di kelompok umum, baik kata perorangan, kata beregu
maupun kumite.

“Tiga medali emas kami raih dari kategori kata, yakni kata beregu pemula-kadet putra, kata beregu pemula-kadet putri dan kata beregu yunior-senior putra. Lainnya dari kumite,” tutur Handoko.

Kejuaraan tersebut diikuti 496 atlet dari 26 kontingen di lingkup Lemkari Jateng. Total 88 medali emas diperebutkan, dengan rincian 51 emas untuk kelompok umum dan sisanya bagi kelompok khusus pemula.

Panitia bidang pertandingan Fahrur Syidi mengungkapkan, kekuatan tim-tim kontestan dalam ajang tersebut relatif merata. Kenyataannya, perolehan medali emas antara kontingen satu dan lainnya tidak terpaut terlalu banyak.

“Lemkari Banyumas misalnya, berada di urutan empat perolehan medali dengan jumlah lima medali emas, sama dengan Cadet Dojo Sukoharjo, tetapi kalah dalam pengumpulan perak, sedangkan tim Mandiri Karate Club dan Lemkari Demak di urutuan lima dan enam, sama-sama meraih empat emas,’’ tuturnya.

Adapun para karateka tuan rumah Solo tersebar di sejumlah tim. Kontingen SD Jamaatul Ichwan meraih dua emas, tiga perak dan enam perunggu, tim UMS (satu emas, satu perak, empat perunggu) dan tim SMA Al Islam I Surakarta dua perunggu.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments