Foto: suaramerdeka.com/Heru Fajar

Racing Day, Paduan Final Dua Balap Bergengsi Yamaha

Foto: suaramerdeka.com/Heru Fajar

Foto: suaramerdeka.com/Heru Fajar

SENTUL, suaramerdeka.com – Yamaha tidak pernah kehilangan ide untuk meracik acara yang menarik khususnya di ajang balap nasional. Awal bulan November ini PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) langsung menggebrak dengan event bertemakan Racing Day yang menggabungkan dua final balap bergengsi Yamaha. Dua balap yang sangat di tunggu itu adalah Final Yamaha Cup Race (12-13 November) dan seri ke-4 atau terakhir Yamaha Sunday Race (14-15 November) di Sentul International Circuit.

Yamaha Cup Race

Baru pertama kali gelaran final Yamaha Cup Race dihelat di sirkut Sentul. Konsisten mencari bibit-bibit pebalap muda dan edukasi terhadap pebalap, Yamaha memboyong rider-rider muda untuk menjajal dan bermain di sirkuit permanen, tak terkecuali pebalap lokal agar lebih mempunyai pengalaman bertanding.  Sekaligus ajang pembuktian bahwa Jupiter Z1 juga mampu dan tangguh berkompetisi di sirkuit permanen sebesar sirkuit Sentul.

Seri ini sangat istimewa, bukan hanya karena seri final tetapi pada seri ini Yamaha akan mengadu skill jawara YCR dari 6 seri yang sudah dilombakan di 3 pulau. Para finalis tidak hanya diambil dari jawara YCR tetapi diambil juga dari jawara Motoprix dari regional Bali dan Kalimantan.

Kelas yang diperlombakan :

1. YCR 1, Moped 125 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi

2. YCR 2, Moped 110 cc Tune Up Seeded + Open Class Injeksi

3. YCR 3, Moped 125 cc Tune Up Pemula + Open Class Injeksi

4. YCR 4, Moped 110 cc Tune Up Pemula + Open Class Injeksi

5. YCR 5, Moped 125 cc Pemula B (usia di bawah 16 tahun)

6. YCR 6, OMR Jupiter Z1 Pemula B, Non Pabrikan

Yamaha Sunday Race

Bukti otentik lain suksesnya acara yang dihelat oleh Yamaha adalah Sunday Race. Konsep event yang memikat ala Yamaha sukses membuat komunitas dan penonton berduyun-duyun memadati sirkuit Sentul di seri 3 pada dua pekan lalu. Melihat trend meningkatnya jumlah starter dari 200 menjadi 243 di seri 3 diyakini akan menular di seri 4 nanti. Event ini ternyata tidak hanya dinikmati kaum adam tetapi sudah digemari keluarga atau pasangan yang ingin memberikan semangat dalam pesta akbar R-series Yamaha.

Sehubungan dengan pesatnya penambahan dari kelas komunitas, salah satunya karena penyebaran knowledge atau edukasi. Mulai topik safety-gearnya, edukasi riding-skill (Yamaha Riding Analyzer) dan development motor balap. Hasilnya banyak manfaat yang didapat oleh pihak komunitas yang ikut dalam ajang ini.

Adapun komunitas-komunitas yang intensif mengikuti Yamaha Sunday Race adalah Yamaha Revs CBU (YRCI), Yamaha R25 Owner Indonesia (YROI), Ravens United, R25 Onwer Community on Kaskus (Rock), Yamaha R25 Riders Club Indonesia (YARRCI), Grabe, R15 club, YR15CI, R15ER.

“Event kali ini sangat spesial kami persembahkan untuk pecinta balap dan penggemar Yamaha. Kami menggabungkan dua event besar bertemakan Racing Day di pekan ke-2 bulan November ini,” ujar M. Abidin, GM After Sales & Service PT.YIMM.

“Final Yamaha Cup Race tahun ini akan melahirkan bibit-bibit pebalap muda berbakat yang nantinya akan bermain di kompetisi tinggi dan harapan kami berprestasi di kancah nasional dan internasional nantinya. Tidak ketinggalan Yamaha Sunday Race seri terakhir ini akan menjadi hiburan baik komunitas dan keluarga di akhir pekan ini,” tambah Supriyanto, Manager MotorSport PT.YIMM.

Racing Kit Market

“Yamaha Sunday” with Race R Cup juga melibatkan produk-produk berkualitas & brand terkenal di dunia racing sebagai pendukung utama. Setelah sebelumnya meraih kesuksesan di Yamaha Asean Cup Race, kembali mereka mendukung Racing Kit Market. Adapun produk – produk berkualitas tersebut yaitu Yamalube, IRC tyre, Pirelli tyre, PT Sakura Java Indonesia, PT Kayaba Indonesia, DID Chain, PT AAI Radiator, BRT, KYT Hemlet, Pertamax Plus.

Tire and Helmet Service

Dengan menggandeng merk ban terkemuka, IRC juga memberikan fasilitas penjualan ban dan jasa pasang disertai balancing jika membeli produk mereka pada saat event. Tak ketinggalan Helmet KYT yang memberikan service kusus untuk helmet KYT.

Aktivitas di Luar Race

Selain race, aktivitas di luar balap juga menarik pengunjung yang ingin menjadi bagian dari pesta R- Series ini. Ada Racing Kit Market & Yamaha Technologies (Sales, Service, Sparpart exhibition). Serta fasilitas injector cleaning untuk komunitas yang hadir untuk menonton.

Tidak hanya itu saja, Yamaha Rading Academy turut serta memeriahkan acara Sunday Race.

Aksi Freestyler

Di hari Minggu masyarakat akan dihibur oleh aksi freestyler jawara ASEAN, Wawan Tembong dengan menggunakan MT-25 dan R6.

(Heru Fajar/CN39/SM Network)

Comments

comments