Foto: crash.net

Race Director MotoGP Nilai Kemenangan Rossi di Assen Sah

Foto: crash.net

Foto: crash.net

ASSEN, suaramerdeka.com - Meski terlibat insiden dengan Marc Marquez di tikungan terakhir, kemenangan Valentino Rossi di GP Belanda dinilai Race Director dari MotoGP, Mike Webb adalah sah. Menurutnya, insiden tersebut memang tak bisa dihindari.

“Kami jelas melihat ulang insiden tersebut dari semua sudut pandang kamera yang kami punya. Keputusannya adalah itu sebuah insiden. Pebalap tidak mendapatkan keuntungan sama sekali karenanya,” ujar Webb seperti dilansir Crash.

Insiden yang dimaksud adalah ketika Rossi melebar keluar lintasan ketika mendapatkan tekanan dari Marquez. Ketika itu, balapan hampir memasuki tikungan terakhir. Akibat melebar keluar lintasan, Rossi pun memotong lintasan. Imbasnya, dia mempertahankan posisi terdepan, melebarkan jaraknya dengan Marquez, dan finis paling awal.

Webb menilai, kejadian itu adalah sebuah insiden lantaran memang tak bisa dihindari dan Rossi juga dinilai sama sekali tidak mengambil keuntungan dari insiden tersebut.

“Keputusan itu diambil berdasarkan kamera helikopter yang menunjukkan bahwa saat itu Valentino sedang unggul. Jadi, Valentino punya hak. Dia sedang unggul. Dia tidak dilewati. Begitu mencapai apex (sudut tikungan, red), Marc menyentuh Valentino, dan itu membuat Valentino melebar. Jadi, itu adalah sebuah insiden. Tak bisa dielakkan.”

Rossi sendiri mengaku, dia terpaksa keluar lintasan karena jika tidak, dia akan bertabrakan dengan Marquez.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments