PECAHKAN REKOR: Perenang Jateng Vina Wijaya saat tampil dalam sebuah kejuaraan di Kolam Renang Jatidiri, beberapa waktu lalu. Vina berhasil memecahkan rekor 200 meter gaya ganti perorangan putri Krapsi.(suaramerdeka.com/Krisnaji Satriawan)

PRSI Semarang Manfaatkan Database Perenang Jateng

PECAHKAN REKOR: Perenang Jateng Vina Wijaya saat tampil dalam sebuah kejuaraan di Kolam Renang Jatidiri, beberapa waktu lalu. Vina berhasil memecahkan rekor 200 meter gaya ganti perorangan putri Krapsi.(suaramerdeka.com/Krisnaji Satriawan)

Foto: suaramerdeka.com/Krisnaji Satriawan

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kemajuan teknologi informasi yang semakin canggih digunakan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Semarang untuk memantau perkembangan perenang-perenang Semarang. Selain itu, tidak menutup kemungkinan pantauan tersebut digunakan pula untuk memetakan kekuatan lawan yang akan dihadapi para perenang Semarang di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Tegal 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkan asisten pelatih sementara tim renang Semarang Teguh Santoso yang ditemui belum lama ini. Menurut Teguh lewat website jatengFAST.net, seluruh perenang se-Jateng dapat terpantau secara online dan up to date. “Saya dan tim pelatih sangat terbantu dengan database website ini. Seluruh perenang Jateng bisa terpantau lengkap,” ujarnya.

Dengan kelengkapan data tersebut, persaingan antarperenang di Porprov mendatang dipastikan akan semakin ketat. Kontingen renang Semarang yang bermaterikan perenang-perenang yunior seperti Vanessa Sanjoyo dan Danu Ibrahim, tetap bertekad merebut predikat juara umum, seperti yang dicapai pada Porprov Solo 2009 yang lalu. Sementara pada Porprov Banyumas 2013, kontingen renang Semarang harus puas menempati peringkat kedua setelah kalah dari para perenang Kota Tegal.

Tim renang Semarang untuk sementara berlatih di kolam renang Jatidiri, di bawah bimbingan pelatih kepala sementara Priyo Purwoko. Rencananya pada pertengahan Januari 2017 mendatang, PRSI Semarang sudah menetapkan formasi tim pelatih, manager, dan perenang tetap yang siap tampil di Porprov Tegal 2018.

Daftar formasi itu akan menjadi pegangan PRSI untuk menjalankan program training center dan try out untuk mematangkan kekuatan tim renang Semarang. Selain tugas memantau dan menyeleksi perenang, tugas tim pelatih sementara pun bertambah, yaitu memastikan atau menjaga para perenang Semarang agar tidak pindah ke lain daerah.

“Untuk masalah ini perlu pendampingan dan penyelesaian yang melibatkan banyak pihak, antara lain orang tua si perenang, perenang itu sendiri, pelatih, dan pengurus PRSI. Pindah atau bertahan itu kembali kepada keputusan orang tua dan si perenang, namun saya pasti mengingatkan dan menegaskan kepada si perenang untuk melihat kesuksesannya sekarang adalah hasil binaan daerah asal,” kata pelatih klub renang Tri Cakti Semesta (TCS) itu.

(Joseph Army Sandhoko / CN26)

Comments

comments