Foto: http://www.mclaren.com/

Prost: Terlalu Dini Menilai Kegagalan Kerja Sama McLaren-Honda

Foto: http://www.mclaren.com/

Foto: http://www.mclaren.com/

PARIS, suaramerdeka.com – Mantan pebalap Formula 1 Alain Prost menilai, jika terlalu dini jika menyebut kerja sama antara McLaren dengan Honda, kendati suatu waktu pernah sukses. Menurut Prost, era keemasan boleh jadi tak akan bisa terulang lagi.

“Amat sulit menilai dari luar, benar-benar tidak mudah. Anda bisa melihat Renault, mereka bisa mulai kompetitif, dan dengan teknologi baru jadi sangat berbeda. Mungkin dalam beberapa bulan atau tahun depan mereka akan kembali dengan amat tangguh,” kata Prost kepada Motorsport.com.

Ekspektasi tersendiri sempat muncul seiring kolaborasi McLaren dengan Honda karena sebelumnya, pada tahun 1988 sampai 1992, hal ini pernah membuahkan empat titel juara dunia. Sayangnya, dari lima seri yang dijalani, kerja sama McLaren dengan Honda belum membuahkan satu poin pun dengan masalah reliabilitas mobil turut menyeruak sebagai kendala.

Akan tetapi Prost, yang menjadi juara dunia dengan McLaren-Honda pada 1989, menyebut situasi di dalam tim bisa saja berbeda sepenuhnya dengan pandangan orang dari luar tim. Itu mengapa ia menyebut tim tersebut tak bisa dicoret begitu saja.

“Anda tak tahu apa yang dimiliki Honda untuk pengembangan. Sasisnya tampak tak buruk-buruk amat, tapi kita membicarakan soal (ketinggalan) satu detik, 2,5 detik. Itu terlihat besar. Tapi di mana posisi mereka dalam hal mesin dan sistemnya? Kita tidak tahu, cuma mereka yang tahu apa yan mereka canangkan sebagai target,” tuturnya.

Tak ketinggalan, Prost menyebut, ada peluang kolaborasi itu tidak memunculkan hasil sesuai harapan alias gagal mengulangi kesuksesan di masa lalu.

“Sejujur-jujurnya, saya tak tahu, itu waktu yang sudah lama berlalu. Itu mengapa amat berbahaya larut dalam masa lalu karena terkadang saat ini semuanya sama sekali berbeda sehingga tak lagi bisa dilakukan,” jawab Prost ketika ditanya apakah kolaborasi McLaren-Honda bisa mengulangi masa kejayaan 25 tahun lalu.
Balapan keenam musim ini akan dilangsungkan di Monaco pada akhir pekan.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments