Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Proliga 2015 Tanpa Wakil Jateng

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kompetisi bola voli di Tanah Air kembali digelar. Sesuai jadwal, liga yang kini diberi nama Pertamina Proliga 2015 tersebut akan diputar mulai 6 Februari – 19 April mendatang. Kali ini, jumlah peserta yang bersaing berkurang setelah Solo Bank Jateng (SBJ) tak ikut ambil bagian.

Pada kelompok putra hanya lima tim yang akan bersaing, di antaranya Jakarta Pertamina Energi, Surabaya Samator, Jakarta Eelectric PLN, Jakarta BNI 46 dan Palembang Bank Sumsel Babel, sedangkan di kelompok putri, peserta masih utuh tujuh tim, sama seperti musim lalu.

Mereka adalah Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Popsivo PGN, Jakarta Eelectric PLN, Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta BNI 46, Gresik Petrokimia dan Jakarta Bank DKI. Tim-tim tersebut akan berlaga di delapan kota, yakni Balikpapan, Palembang, Malang, Gresik, Probolinggo, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta.

Seri pembuka digelar di Balikpapan, sedangkan partai final di Yogyakarta. Tak satupun kota di Jateng yang disinggahi lantaran tidak ada wakil dari Jateng pada kompetisi bola voli tertinggi di Tanah Air ini.

Direktur Proliga Hanny Surkatty menjelaskan, terdapat beberapa aturan baru pada kompetisi 2015. Untuk pemain asing misalnya. Bila Proliga musim lalu pemain asing bisa mengurus International Transfer Contract (ITC) dan kartu izin tinggal sementara (Kitas) sambil berjalan, untuk kali ini sudah dilarang.

Menurut dia, pemain asing wajib memiliki ITC dan Kitas sebelum tampil membela tim. “Kami tidak ingin ada pemain asing dadakan bermain di Proliga,” ujar Hanny saat launching Pertamina Proliga 2015 di Jakarta, Rabu (21/1).

Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo mengatakan, ajang Proliga akan dimanfaatkan untuk menyeleksi atlet voli nasional sebelum tampil pada SEA Games 2015 di Singapura. Menurut Imam, setelah kompetisi berakhir akan langsung menggelar pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

Saat ini, ada 20 nama putra dan 18 putri yang dimasukkan Surat Keputusan (SK) pelatnas Satlak Prima. “Proliga akan kami manfaatkan untuk memilih atlet-atlet terbaik, apalagi kompetisi ini diisi pemain-pemain berkualitas. Kami berharap nanti bisa memperoleh pemain terbaik untuk SEA Games Singapura,” kata Imam.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments