Foto: Yuri Kadobnov / AFP

Posisi Rio Haryanto di Manor Terancam

Foto: Yuri Kadobnov / AFP

Foto: Yuri Kadobnov / AFP

JAKARTA, suaramerdeka.com - Posisi Rio Haryanto di Manor Racing Team (MRT) terancam digusur pembalap lain. Saat ini, sudah ada sponsor baru dari luar negeri yang siap bersaing dengan Pertamina (sponsor utama Rio).

Menurut Juru Bicara Kemenpora Gatot Dewa Broto, pihaknya sudah mendapat kabar adanya sponsor baru, namun belum bersedia mengungkap nama produk tersebut.

“Saya dapat kabar kalau Manor dapat sponsor baru. Tapi saya tidak tahu apakah untuk mendukung Rio atau tidak dan sponsor itu bukan dari Indonesia. Pekan ini jadi hari-hari krusial dan mudah-mudahan Rio bisa balapan di F1 sampai akhir musim,” kata Gatot di Jakarta, Rabu (20/7).

Menurut dia, pihaknya sudah tak bisa lagi menyelamatkan Rio dengan mencarikan dana kekurangan yang diminta Manor. Dari 15 juta euro atau setara Rp 225 miliar, baru 8 juta euro yang dibayar melalui bantuan Pertamina dan Kiky Sport, perusahaaan milik Rio.

Dia menjelaskan, Manor pernah menyampaikan jika kekurangan dana tak dibayar maka keikutsertaan Rio di F1 bersama Manor hanya setengah musim.

“Seandainya tidak ada penambahan 7 juta euro, kemungkinan balapan terakhir hanya sampai GP Hongaria, 24 Juli. Tentu saja kondisi tersebut tidak kami harapkan karena harapan Pemerintah bisa sampai putaran terakhir. Tapi keputusan ada di Manor,” ungkap Gatot.

Lebih lanjut, Gatot menjelaskan Pemerintah sudah mendapat surat secara resmi dari Manor. Menpora Imam Nahrawi juga sudah membaca surat tersebut. Namun dia belum bersedia mengungkapkan apa isi surat yang dikirim Manor.

Sepertinya surat ini memberitahukan adanya sponsor baru karena Gatot langsung disuruh Menpora untuk berkomunikasi dengan Pertamina untuk menanggapinya.

“Saya belum bisa jelaskan isi surat dari Manor. Dalam surat tidak disebutkan soal nasib Rio atau sponsor baru. Masalah sponsor baru, saya dapat info dari tempat lain. Tapi mudah-mudahan Rio tetap bertahan,” tandasnya.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments