Foto: AP Photo

Posisi Nico Rosberg Diturunkan ke Posisi Ketiga

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

SILVESTONE, suaramerdeka.com - Posisi finis Nico Rosberg diturunkan ke possi ketiga setelah dia dinyatakan bersalah lantaran berkomunikasi dengan tim via radio, pada GP Inggris, Minggu (10/7) malam.

“Setelah mempertimbangkan masalah ini dengan amat masak, Steward memutuskan bahwa tim telah memberikan instruksi kepada pebalap yang secara spesifik diperbolehkan di dalam Pengarahan Teknis 014-16,” demikian pernyataan dari FIA.

Awalnya, Rosberg berhasil finis di posisi kedua, di belakang Lewis Hamilton. Namun, Rosberg dinilai steward melakukan pelanggaran saat balapan.

Pada lap ke-47, Rosberg mengalami masalah dengan girboks mobilnya dan mendapatkan saran dari timnya, via komunikasi radio, untuk menghindari gigi tujuh demi mencegah kerusakan girboks.

Steward menilai, ini melanggar peraturan yang menyebutkan “seorang pebalap harus menjalani balapan dengan kemampuan sendiri dan tanpa bantuan”.

“Namun, Steward menemukan bahwa tim juga melangkah terlalu jauh dan memberikan instruksi kepada pebalap yang tidak diizinkan dalam Pengarahan Teknis, dan merupakan pelanggaran pasal 27.1 dalam Regulasi Balapan, di mana pebalap harus mengemudikan mobilnya sendirian dan tanpa bantuan.”

Imbasnya, Rosberg terkena penalti 10 detik dan posisinya turun ke urutan ketiga. Hasil ini membuat Max Verstappen, yang finis di urutan ketiga, naik ke urutan kedua.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments