Foto: suaramerdeka.com/Dok

Popda Bola Voli SMA, Perhitungkan Ancaman Tuan Rumah

Foto: suaramerdeka.com/Dok

Foto: suaramerdeka.com/Dok

SOLO, suaramerdeka.com – Tujuh kota/kabupaten bakal bersaing dalam Pekan Olahraga Pelajar (Popda) Bola Voli SMA eks Karesidenan Surakarta yang akan digelar di Sragen, Rabu (30/3). Namun tim Solo lebih mewaspadai ancaman tim Wonogiri dan tuan rumah Sragen.

“Sejak beberapa tahun terakhir, memang ada tiga daerah yang memiliki kekuatan di atas rata-rata, yakni Solo, Wonogiri dan Sragen. Maka kami waspadai dua daerah itu,” kata pelatih tim voli putri SMA Solo, “Olga” Ardhiansyah, Senin (28/3).

Rivalitas tersebut tidak hanya berlaku di kalangan bola voli putri. Namun dalam persaingan tim-tim putra, tiga daerah tersebut juga lebih dominan. Karena itu, pelatih tim putra SMA Chairul Pramanto juga mewaspadai kekuatan skuad Sragen. Lebih-lebih tim putra tlatah berjuluk Bumi Sukowati tersebut bakal bertarung di depan publik sendiri, sehingga akan mendapat dukungan motivasi dari masyarakat setempat.

“Tapi kami harus optimistis untuk menjuarai Popda di wilayah eks karesidenan ini, agar bisa melaju ke tingkat Jateng,” tandas Chairul.

Yakin

Tim putra dan putri Kota Bengawan kini sedang mematangkan pola permainan awaknya sebelum menghadapi pertarungan resmi yang tinggal dua hari lagi. Pada pertandingan pertama, tim putri Solo akan diadang skuad Karanganyar.

“Anak-anak yakin mampu meloloskan diri pada laga melawan Karanganyar, sebelum menjalani pertarungan berikutnya. Kami telah berusaha sebaik mungkin, tinggal memadukan pemain terutama dengan bergabungnya Caca,” ujar Olga.

Caca atau Ersandrina Devega Salsabila merupakan siswa SMAN 2 Surakarta yang kini tengah direkrut tim Jakarta Pertamina Energi untuk bertarung di ajang Proliga. Namun Pengkot Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Solo telah mendapat persetujuan dari manajemen tim Pertamina untuk ‘’meminjam’’ Caca selama tiga hari, demi memperkuat tim putri SMA Solo di Popda.

“Rangkaian uji coba telah berakhir. Sisa waktu Senin dan Selasa akan kami manfaatkan untuk memadukan kembali Caca dengan teman-temannya. Tak sulit, karena mereka toh selama ini sama-sama berlatih di klub amatir Vita Solo,” jelas Olga.

(Setyo Wiyono/CN39)

Comments

comments