Foto: istimewa

PJSI Terjunkan Wajah Baru

Foto: istimewa

Foto: istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pengprov Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jateng akan menerjunkan atlet terbaiknya dalam Kejuaraan Nasional Judo Kartika Cup di Ciloto, Cianjur Jabar, Maret mendatang. Mereka adalah pejudo muda yang diproyeksikan untuk lolos ke PON XIX 2016 Jabar. Ajang tersebut, merupakan salah satu kejuaraan untuk meraih poin guna lolos ke Jabar.

Ketua Harian PJSI Jateng Suryo Agung Nusantara mengatakan, saat ini pejudonya menjalani desentralisasi latihan di derah masing-masing. Menjelang Kartika Cup, akan dipanggil untuk melakukan sentralisasi latihan. Meski wajah baru, Agung optimistis atletnya bisa  meraih poin di Kartika Cup nanti.

“Sistem kualifikasi cabang judi menggunakan akumulasi poin. Hanya pejudo yang ada di delapan besar masing-masing kelas yang berhak tampil di PON XIX nanti,” tutur Agung, Jumat (30/1).

Diungkapkan, ada tiga agenda kejuaraan yang dijadikan PB PJSI sebagai alat untuk menentukan peringkat pejudo yakni Kartika Cup, Kapolri Cup, dan Kejurnas Senior.

Dia menyatakan, di Ciloto nanti Jateng, hampir semua atlet yang diproyeksilan ke ajang multicabang empat tahunan tersebut diturunkan yakni 16 kelas. Hanya pejudo putri senior andalan Desi Yulianti (kelas -78 kg putri) yang absen dikarenakan cidera bahu. Namun, melihat peringkat Desi pada posisi pertama di kelasnya, Agung yakin Desi tetap melaju ke Jabar.

“Peringkat Desi cukup aman meskipun harus absen di dua dari tiga kejuaraan tersebut. Dia hanya akan melorot ke posisi dua atau tiga. Dengan demikian, dia tetap lolos ke PON,” papar dia. Kendati demikian, Agung berharap Desi cepat pulih dan bisa mengikuti dua kejuaraan yakni Kapolri Cup dan Kejurnas senior.

Setelah Krisna bayu menyatakan pensiun dan fokus menjadi pelatih, hanya Desi dan Cristian Hadi (-66 kg putra) yang diandalkan. Agung berharap, tradisi emas bisa dipertahankan oleh atlet Jateng. “Desi berpeluang cukup besar setelah Ira Purnamasari (Jabar) absen,” tutrurnya.

(Krisnaji Satriawan/CN39/SM Network)

Comments

comments