MEMACU SEPEDA: Para pembalap PPLP Jateng memacu sepedanya dalam latihan di velodrome Manahan Solo, Selasa (28/7). (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

Pilih LCC, PPLP Jateng Tak Turun di Magelang

MEMACU SEPEDA: Para pembalap PPLP Jateng memacu sepedanya dalam latihan di velodrome Manahan Solo, Selasa (28/7). (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

Foto: suaramerdeka.com/Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com - Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Balap Sepeda Jateng tidak mengirimkan timnya dalam kejuaraan road race di Magelang, Minggu (8/11). Pusat pendidikan yang bermarkas di kawasan Punggawan, Solo itu lebih memilih berkonsentrasi menghadapi Lomba Customs Cycling (LCC) Seri III/2015 yang rencananya diselenggarakan di Temanggung, 11-13 November mendatang.

”Belum ada program try out bagi PPLP saat ini, maka persiapan anak-anak kami konsentrasikan untuk LCC Series di Temanggung, bulan depan. Lagi pula kalau LCC Series kan ada poin bagi pembalap yang finish di papan atas,” kata pelatih PPLP, Agus Sadiyanto, Rabu (4/11).

Program latihan rutin secara intensif diterapkan bagi para pembalap yang masih duduk di bangku SMA tersebut. Salah satu materi yang dilakukan yakni menggembleng enam awak PPLP pada rute-rute tanjakan.

Minggu (1/11) lalu, misalnya, Agung menempa anak-anak asuhnya memacu ketangguhan dari Solo ke jalur tanjakan lereng Gunung Lawu hingga finish di Cemara Kandang yang masuk wilayah Karanganyar. ”Hal itu demi mengasah kemampuan anak-anak menghadapi jalur-jalur tanjakan, yang kini sedang tren diterapkan dalam berbagai lomba,” tutur Agus.

Tak hanya itu. Para atlet pelajar tersebut rencananya juga akan ditempa melahap rute road race panjang, Minggu (8/11). Dari Solo, mereka akan melewati Nogosari, Simo, Karanggede (wilayah Boyolali), lalu berbelok ke arah Tingkir (Salatiga), sebelum kembali ke Kota Bengawan.

”Sebagian rutenya berupa medan rolling (naik-turun), serta jaraknya lebih dari 120 kilometer. Mereka kan juga disiapkan untuk bersaing di kelompok senior pada masa mendatang,” ujar Agus.

Enam pembalap pelajar kini tercatat menghuni PPLP Jateng, yakni Andriyan Hidayat dari Solo, Slamet Widodo (Sukoharjo), Muh Abdul Azis Romdhoni (Karanganyar), Irvan Lutfi (Boyolali), Nurl Fauzan (Tegal) dan Harun (Karanganyar).

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments