Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Pesilat Indonesia Raih Enam Emas di Perak Open

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Keyakinan tinggi memenuhi benak para pesilat Indonesia yang akan bertarung di arena SEA Games 2015. Mereka semakin optimistis bisa mendominasi medali emas pada ajang olahraga dua tahunan itu, setelah merebut gelar juara umum pada kejuaraan Perak Open di Malaysia yang berakhir Minggu (19/4).

“Total enam medali emas, lima perak dan sekeping perunggu kami rebut pada ajang tersebut. Meski banyak kecurangan wasit, tapi anak-anak masih dominan,” kata pelatih kepala timnas pencak silat Indonesia Indro Catur, Senin (20/4).

Medali emas tim Merah Putih di antaranya diraih Wewey Wita di arena pertarungan kelas C putri, Awaludin (kelas A putra), Aprin Adrianto (kelas B putra), Gatot Widodo (kelas E putra).

Dua emas lainnya diraih dari kelas seni yakni regu putri yang diawaki Ni Kadek Ratna Dewi, Luh Putu Eka dan Ida Ayu Putu Chandra, serta ganda putri (Hendy dan Yola Primadona).

Medali perak digenggam Sugianto dari nomor seni tunggal putra, M Yachser di kelas tarung C putra, Ryan Sazali (kelas F putra), serta Selly Andriani (kelas D putri) dan Nirmala Oktaviani (kelas B putri). Satu—satunya perunggu diraih pesilat Solo, Sapto Purnomo (kelas D putra).

“Selly dan Yachser seharusnya menang di final karena lebih banyak tendangan yang masuk. Yachser bahkan mendapat tiga jatuhan, tapi justru wasit setempat memenangkan pesilat tuan rumah. Untuk  Ryan dan Nirmala meraih perak karena tidak kami mainkan di final,” jelas Catur.

Pelatih asal Solo itu menambahkan, pertarungan beberapa pesilat Tanah Air memang tidak dilanjutkan, karena situasi dalam kejuaraan tersebut dia nilai tidak kondusif. Catur menilai banyak kecurangan yang dilakukan panitia dan wasit, sehingga lebih menguntungkan pesilat tuan rumah.

“Lagi pula, tujuan keikutsertaan kami di ajang ini kan merupakan try out sebelum bertanding di SEA Games. Jadi target sebenarnya bukan di Perak Open,” jelasnya.

(Setyo Wiyono/ CN26 / SM Network)

Comments

comments