Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Pertina Jateng Dorong Regenerasi Wasit dan Hakim Pertandingan

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

Foto: suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko

SEMARANG, suaramerdeka.com – Dalam rangka mempersiapkan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 2017, Pengurus Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Jawa Tengah menggelar Penataran Wasit dan Hakim Pertina di Graha Wiyata Patemon Sekaran Gunungpati, mulai Selasa-Minggu (2-7/5). Penataran tersebut ditujukan untuk mendorong regenerasi wasit dan hakim pertandingan tinju.

Hal ini disampaikan Ketua Harian Pertina Jateng Sudarsono dalam sambutannya yang menekankan pentingnya wasit dan hakim berusia muda. “Dorongan untuk meregenerasi para wasit dan hakim tinju yang lebih muda merupakan suatu keharusan, sebab dengan tampilnya generasi muda maka pembinaan olahraga tinju akan turut berkembang secara berkelanjutan,” tutur Darsono.

Sejalan dengan pendapat Darsono, Ketua Panitia Kejurprov Pertina Jateng 2017 Soedjatmiko ikut mendukung regenerasi tersebut. Namun proses regenerasi juga harus melalui tahapan seleksi dan serangkaian tes, sehingga benar-benar dihasilkan wasit dan hakim pertandingan tinju yang berkualitas dan mumpuni.

Oleh sebab itu, pihaknya menggelar penataran ini  secara komprehensif baik pemberian materi teori di dalam ruangan terkait AIBA technical rule dan competition rule, mengamati dan menilai video pertandingan tinju, maupun praktek pertandingan yang langsung pada penyelenggaraan Kejurprov pada 4-7 Mei mendatang.

Adapun pemateri berjumlah lima orang. Salah satunya berasal dari Pengurus Besar (PB) Pertina yang diwakili oleh Ketua Komisi Perwasitan David Radja dan sisanya pengurus Pertina Jateng, antara lain Soedjatmiko, Mugihartono, Humadi Handoyo, dan Parlindungan Manik.

“Selain materi-materi ini yang tidak kalah penting bagaimana para wasit dan hakim menguasai scoring system tinju yang sudah terkomputerisasi secara modern. Tujuan penguasaan software dan sistem ini utamanya untuk memudahkan penghitungan skor petinju yang bertanding,” ujar Djatmiko.

Dalam penataran ini ada 19 orang wasit dan hakim tinju yang ikut serta dari total kuota 30 orang wasit dan hakim pertandingan tinju se-Jateng.

(Joseph Army Sandhoko / CN26)

Comments

comments