Foto: suaramerdeka.com /dok

Persiapan Asian Games Terus Dikebut

Foto: suaramerdeka.com /dok

Foto: suaramerdeka.com /dok

JAKARTA, suaramerdeka.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersama bawahannya di kepanitiaan Asian Games 2018 terus mengkebut persiapan pelaksanaan event empat tahunan itu.

Dalam dua hari ini, Wapres memimpin rapat intensif membahas berbagai hal. Jika pada Rabu lalu membicarakan pelibatan beberapa universitas nasional guna mendukung sport science, Kamis (30/3) giliran membahas sponsorzhip.

Menko PMK Puan Maharani menyampaikan, pada prinsipnya semua harus berperan serta dan bergotong royong untuk membantu suksesnya Asian Games 2018.

“Pada rapat kali ini kita fokuskan untuk pembahasan sponsorship dari BUMN dan swasta nasional bahkan pihak sponsor luar negeri agar berperan serta mensukseska. Misalnya kita harap Kominfo proaktif mengundang swasta-swasta yang berkaitan dengan telekomunikasi, kemudian perusahaan yang ada di ESDM berperan serta, juga dari pengusaha-pengusaha dan sebagainya,” ujar Puan.

Menurut dia, sesuai arahan Wapres, maksimal anggaran APBN yang dikeluarkan untuk biaya penyelenggaraan adalah Rp 4,5 triliun, pemerintah membuka luas untuk siapa saja yang berpotensi menjadi prioritas sponsor Asian Games 2018. “Yang telah dikaji hingga saat ini kemungkinan anggaran APBN belum final, masih dapat diefektifkan lagi melalui pengurangan apabila nanti sponsorshipnya dapat lebih banyak dari yang di targetkan,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk pelaksaan Asian Games anggaran APBN tidak hanya sejumlah itu, tetapi sudah keluar hampir Rp 30 triliun untuk sarana prasarana, LRT dan sebagainya. “Target perolehan dana dari sponsorship antara Rp 1,5 hingga Rp 2 triliun,” urainya.

Mengenai jumlah cabang olahraga, pihaknya telah meminta Kemenpora dengan Inasgoc agar melakukan penawaran dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA). “Maksimal ada 36 cabang olahraga seperti di Asian Games Incheon, Korea,” ucapnya.

Menpora Imam Nahrawi menambahkan, berkurangnya enam dari 42 cabang yang akan dipertandingkan di Asian Games adalah bukan cabang Olimpiase dan bukan usulan tuan rumah.

“Jadi ada 30 sport olympic yang dipertandingkan, tetapi ini semua belum final. Saya harap bersabar karena menentukan mana enam cabang yang akan dihapus tidak mudah karena masing-masing memiliki ekspektasi besar meraih medali, tapi ada track record yang dapat dinilai dan momentum SEA Games Malaysia 2017 sebagai pembuktian,” terang Menpora.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments