Foto: AP Photo

Performa F14T Mulai Puaskan Kimi Raikkonen

Foto: AP Photo

Foto: AP Photo

TOKYO,  suaramedeka. com – Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen mengakui, jika dirinya tampak cukup puas dengan F14T andalan Ferrari usai menjalani 14 seri balapan musim ini. Dengan nuansa positif itulah ia kini menghadapi GP Jepang.

“Di Singapura kami akhirnya memiliki kecepatan untuk mencatatkan satu flying lap dalam kualifikasi, dengan mobilnya sudah berjalan sesuai harapanku,” kata Raikkonen seperti dilansir Planet F1.

Sebelumnya, Raikkonen terlihat kesulitan melaju dengan F14T, khususnya dalam kualifikasi setelah kembali membela ‘Kuda Jingkrak’ sejak awal musim ini. Meski terbantu performa tak oke Ferrari, laju Raikkonen tetap terlihat kalah dari Fernando Alonso.

“Sayang sekali kami tak bisa memaksimalkan performa mobil karena masalah kecil sebelum flying lap terakhir (di Q3). Itu berarti kami tak bisa banyak unjuk kemampuan dalam balapan, karena aku terhambat dalam kerumunan mobil dan tak bisa memaksimalkan kecepatan,” kata pebalap Finlandia itu.

Namun pemandangan berbeda terlihat dalam balapan di Singapura, di mana Raikkonen terlihat jauh lebih nyaman. Sempat terlihat akan mendapat posisi di dua baris terdepan dalam start, ia akhirnya harus puas menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi tujuh akibat masalah piranti lunak.

“Tapi buatku yang positif dari akhir pekan itu adalah aku akhirnya mendapatkan perasaan yang bagus dari mobilnya, sesuatu yang sudah lama aku tunggu musim ini,” paparnya.

Setelah mulai merasa nyaman dengan ‘Jet Darat’ yang ia gunakan, Raikkonen pun bersiap menyongsong GP Jepang di sirkuit Suzuka, tempat yang menyimpan sejumlah kenangan menyenangkan untuknya–Raikkonen di antaranya berhasil menang di sana pada tahun 2005 dengan McLaren.

“Itu merupakan sebuah sirkuit dengan tenaga besar, tapi juga secara teknis amat menantang, jadi kami amat menantikan melihat bagaimana mobil kami akan melaju di sana dibandingkan dengan tim-tim terdepan. Aku amat menyukai Suzuka. Tipe sirkuitnya bergaya klasik, jenis yang senantiasa memberiku perasaan terbaik,” paparnya.

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments