Foto: istimewa

Peparnas XV Perebutkan 605 Emas

Foto: istimewa

Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com – Pekan Paralimpik Nasional (Papernas) XV pada 15-24 Oktober 2016 bakal dibuka di Stadion Siliwangi Bandung, Sabtu (15/10) sore. Sebanyak 605 medali emas siap diperebutkan para atlet dari 33 provinsi.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani yang semula dijadwalkan membuka event multi event itu digantikan Menpora, Imam Nachrawi. Puan disebut ada keperluan dinas ke luar negeri.

Panitia menegaskan tak ada perbedaan pendekatan dalam menyiapkan upacara pembukaan dibanding PON XIX, September lalu. Mereka bakal menyuguhkan kemeriahan, gebyar, dan kejutan.

“Kami libatkan 600-an penari. Sebanyak 400 orang merupakan penari profesional yang akan berkolaborasi dengan 240 penari difabel. Pokoknya ada kejutan yang lain dari PON,” kata Ketua PB Peparnas XV, Ahmad Heryawan.

Tema yang diusung dalam pekan olahraga tersebut tetap sama yakni “Berjaya di Tanah Legenda”. Spirit lainnya adalah melampaui keterbatasan untuk menjadi juara, nomor satu, dan terbaik. Hari ini, PB Peparnas secara resmi memulai rangkaian kegiatan Papernas dengan menaikkan bendera kontingen yang berpartisipasi di Stadion Siliwangi.

Menurut Kabid Pertandingan Peparnas XV, Welid, kemasan event tersebut kali ini berbeda dibanding pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya. Pasalnya, penyelenggaraannya tak lagi di bawah KONI. “Jadi Peparnas kali ini karakternya berbeda. Jadi event pertama sejak NPCI (Komite Nasional Paralimpik Indonesia) lepas dari KONI. Jadi NPCI mulai menyelenggarakannya sendiri,” jelasnya.

Kondisi tersebut, katanya, merupakan sebuah tantangan. Hanya saja, semangat panitia terutama NPCI sangat tinggi. Mereka menunjukan keinginan kuat untuk mandiri. Sekitar 3.255 atlet dan ofisial akan berpartisipasi dalam 13 cabor Peparnas XV/2016. Seluruh venue pertandingan dipusatkan di Bandung.

(Setiady Dwi / CN26)

Comments

comments