Foto: suaramerdeka.com / Gading Persada

Penyelam Jateng-DIY Bakal Adakan Jambore di Karimunjawa

Foto: suaramerdeka.com / Gading Persada

Foto: suaramerdeka.com / Gading Persada

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com- Jambore selam tingkat Jateng-DIY akan digelar di Kepulauan Karimunjawa pada medio September mendatang. Kegiatan tersebut diinisiasi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) DIY yang baru saja terbentuk kepengurusannya untk periode 2016-2020.

Ketua umum Pengprov POSSI DIY Hasto Atmoko mengungkapkan jambore selam itu merupakan program kerja terdekatnya sejak terpilih sebagai Ketua Umum dalam Musyawarah Provinsi yang baru saja digelar belum lama ini.

Tujuan dari jambore tersebut yakni untuk identifikasi dan peningkatan kemampuan para penyelam, hingga pengenalan teknologi selam terbaru. Untuk peserta setidaknya akan diikuti sekitar 26 klub selam se DIY-Jateng.

“Dalam jambore itu selain jaring atlet juga untuk orientasi bawah air dan selamat permukaan, sekaligus melihat perkembangan penyelam di Jateng-DIY sekarang seperti apa. Untuk DIY baru pertama kali ini gelar jambore, kalau pengda (pengurus daerah) lainnya sudah rutin (gelar jambore),” jelas Hasto, Rabu (18/5).

Terkait dipilihnya Karimunjawa yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jepara, Jateng sebagai lokasi acara karena kepulauan itu dianggapnya sebagai venue yang paling cocok digunakan untuk pelaksanaan jambore.

Terutama untuk selam permukaan dan lainnya. Mengingat kondisi alam bawah laut yang terbilang tenang dan stabil, dibandingkan laut selatan yang termasuk ekstrem. Karena tidak terdapatnya terumbu karang dan biota laut lainnya. Itu yang membuat laut ini tidak bisa diprediksi datang dan perginya arus air.

“Laut selatan di DIY terbilang ekstrem karena di sana airnya tidak stabil. Yang terdekat dan sesuai ya Karimunjawa. Karena venue ini paling memungkinkan untuk rentang permukaan,” papar dia.

Hasto sendiri akhirnya terpilih untuk kedua kalinya sebagai Ketua Umum Pengprov POSSI DIY. Selain fokus untuk menggelar jambore tersebut, soal pembibitan atlet muda DIY juga menjadi salah satu prioritas program kerjanya.

(Gading Persada / CN26)

Comments

comments