Foto: Carmudi.co.id

Penjualan Mobil Bekas Naik 60 Persen

Foto: Carmudi.co.id

Foto: Carmudi.co.id

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Menjelang puasa dan mendekati Lebaran, bisnis jual mobil bekas akan mengalami kenaikan hingga 50-60 persen. Ini juga terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, sebulan sebelum Lebaran penjualan mobil bekas pasti mengalami peningkatan.

”Meskipun sudah ada mobil baru murah tetapi mobil bekas tetap ada pasarnya sendiri. Banyak yang merasa lebih mantap membeli bekas namun dengan kualitas dan grade di atas mobil baru yang murah,” ungkap Head of Marketing PR Carmudi, Chandra Sidik di sela-sela peresmian pasar mobil bekas Carsentro di Yogyakarta, kemarin.

Karena itu pihaknya berusaha menjemput bola menyediakan tempat untuk ajang bertemunya penjual dan pembeli mobil bekas. Sebenarnya Carmudi bergerak di jual-beli mobil bekas online tetapi masyarakat belum bisa sepenuhnya bertransaksi melalui dunia maya sehingga memerlukan tempat bertemu.

Ia mengakui pembeli di Indonesia merasa lebih puas ketika bisa bertemu dengan penjual, memegang kendaraannya, melakukan tes dan lainnya. Berbeda dengan beberapa negara lain yang sudah percaya sepenuhnya melalui online.

”Karena itu kami memberi tempat supaya penjual dan pembeli bisa bertemu. Mereka bisa berkomunikasi melalui dunia maya tetapi tetap harus bertemu supaya sama-sama puas,” ujar Chandra.

Jaga Kualitas

Perusahaannya tidak ikut canpur tangan dalam proses jual-beli karena hanya menyediakan tempat untuk beriklan dan bertemu. Meskipun demikian, ia memiliki tim yang akan melakukan verifikasi mobil yang diiklankan. Ketika menemukan kejanggalan, tim akan turun tangan.

Ia menyontohkan ada mobil dijual dengan harga miring dibandingkan harga pasaran, tim segera bergerak memastikan kebenarannya. Langkah tersebut ditempuh untuk menjaga konsumen dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak yang tergiur dengan harga murah namun ternyata tidak sesuai dengan kenyataan atau malah penipuan.

”Kami bekerja sama dengan dealer dan juga BCA Finance sehingga harus benar-benar menjaga kualitas barang yang masuk. Jangan sampai konsumen dirugikan,” tandasnya.

Pasar mobil bekas menurutnya masih bergairah buktinya selalu ada peningkatan. Setiap bulan Carmudi menerima pengiklan baru sebanyak 60.000 – 70.000 penjual mobil bekas yang tersebar di seluruh Indonesia.

(Agung PW/CN39/SM Network)

Comments

comments