Foto: Yuri Kadobnov / AFP

Penggalangan Dana untuk Rio Terus Dilakukan

Foto: Yuri Kadobnov / AFP

Foto: Yuri Kadobnov / AFP

SEMARANG, suaramerdeka.com - Berbagai upaya penggalangan dana untuk menutup kekurangan yang harus dibayarkan manajemen Rio Haryanto kepada Manor Racing MRT terus dilakukan. Upaya penggalangan ini dilakukan oleh banyak pihak yang peduli kepada pembalap kebanggaan Indonesia itu.

Setelah beberapa waktu lalu dua kementerian, Kemenpora bersama Kemenkominfo bekerja sama merangkul lima operator telepon seluler, Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Smartfren, H3I (3), meluncurkan program “SMS solidaritas Rio Haryanto untuk Merah Putih”, kini manajemen Rio menjajaki kerja sama dengan Bukalapak.com. Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia, yang didirkan pengusaha 29 tahun kelahiran Sragen, Achmad Zaky.

Masa depan Rio di Formula 1 terus diliputi ketidakpastian karena ia belum melunasi mahar 15 juta euro atau setara dengan Rp 225 miliar yang diminta Manor. Uang yang sudah dibayarkan baru 5,25 juta euro. Kekurangan sekitar 10 juta euro dan harus dilunasi akhir Mei. Sebenarnya Pertamina akan menambah bantuan senilai 3 juta euro, namun sampai saat ini belum disetorkan.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia DKI Jakarta A Judiarto menuturkan, pihaknya mendapat tanggung jawab untuk membantu penggalangan dana pembalap asli Solo tersebut. Salah satu yang dilakukan selain peluncuran SMS Solidaritas adalah menggandeng Bukalapak.

Saat ini detail kerja sama tersebut terus dimatangkan. Bila terjalin kesepakatan, seluruh jenis publikasi Rio nantinya akan masuk dalam website dan mobile apps Bukalapak. Selain itu, situs layanan jual beli daring terkemuka tersebut, juga akan mendapat hak eksklusif penjualan seluruh merchandise melalui sistem online.

Beberapa merchandise itu di antaranya kaus pendek, kaus panjang, jaket hangat, jaket, payung, dan topi. Barang-barang itu akan dijual dengan kisaran harga Rp 100.000 hingga Rp 175.000, plus ongkos kirim.

”Semua upaya yang kami lakukan ini agar Rio tetap bisa membalap semusim penuh. Sebagai pembalap Indonesia yang membuat sejarah berlaga di F1, dia adalah kebanggaan kita semua, sehingga harus didukung semua pihak,” ungkap Judiarto, di Semarang.

Mantan pembalap Jateng itu menuturkan, untuk program SMS Solidaritas saat ini mendapat sambutan positif. Masyarakat bisa membantu Rio dengan mengetik ”Rio” dan dikirimkan ke 7788 untuk semua operator dengan biaya Rp 5.000.

Program ini berjalan mulai 17 April hingga tiga bulan ke depan atau sampai 17 Juli 2016. Seluruh dana yang terkumpul nantinya akan diserahkan kepada manajemen Rio untuk kemudian diserahkan ke Manor.  ”Sambutannya positif. Targetnya melalui program ini bisa menggalang dana sebanyak-banyaknya,” tandas Judiarto.

Sebelumnya Rio mengungkapkan rasa terima kasih atas segala upaya, dan kepedulian yang begitu besar dari masyarakat Indonesia. Dia akan terus berusaha membawa nama Indonesia di dunia otomotif internasional.

(Wahyu Wijayanto / CN26)

Comments

comments