Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Pencak Silat Berkembang Pesat di Azerbaijan

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com/Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pencak silat sebagai olahraga asal Indonesia mulai berkembang di Azerbaijan yang kini sedang menjadi tuan rumah Islamic Solidarity Games (ISG) 2017.

Informasi itu bisa diperoleh ketika Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk ISG, Alex Noerdin bersilaturahmi dengan tokoh pendiri perguruan pencak silat Azerbaijan, Abbas Minbatci di negara setempat.

Pada pertemuan itu, Alex yang juga Gubernur Sumsel tak sendirian. Hadir pula Dubes RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, Kadispora Sumsel Yusuf Wibowo, Asisten Kesra Akhmad Najib dan Kadishub Nasrun Umar.

Saat pertemuan, Abbas Minbatci mengemukakan bahwa pencak silat digandrungi masyarakat Azerbaijan. Sejak merintis 2005, kini sudah ada 35 perguruan yang tersebar di seluruh Azerbaijan.

“Perkembangan pecak silat di Azerbaijan sangat pesat sekali dan sangat banyak peminatnya. Saat ini sudah ada 35 perguruan, 35 guru besar dan 3.000 pengikut pencak silat,” kata Abbas seperti yang ditulis tim media Kontingen Indonesia, Selasa (16/5).

Abbas juga menyampaikan apresiasi terhadapat sejumlah keberhasilan Sumsel dalam bidang olahraga selama di bawah kepemimpinan Gubernur Alex Noerdin. “Kami sangat mendapat kehormatan bisa bertemu langsung dengan pak Alex Noerdin, kami harap agar hubungan baik bisa terus terjalin dengan Indonesia khususnya Sumsel,” ujar Abbas.

Sementara itu, Alex Noerdin mengungkapkan rasa bangganya karena di Azerbaijan, perkembangan olahraga asli Indonesia ini begitu banyak peminat. “Sungguh luar biasa, di negara ini perkembangan pencak silatnya sangat begitu pesat. Artinya negara kita begitu dikenal dengan sangat baik di sini,” kata Alex.

Duta besar RI untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie mengatakan, pada saat peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus nanti, rencananya pihak KBRI akan menyelenggarakan kompetisi pencak silat seluruh perguruan yang ada di Azerbaijan.

“Kami sudah rencanakan, dan nanti akan diikuti seluruh perguruan di Azerbaijan. Kami juga berharap pelaksanaannya nanti dapat dihadiri langsung oleh ketua IPSI Bapak Prabowo Subianto. Mudah-mudahan sesuai rencana dan olahraga pencak silat semakin dikenal lebih luas lagi,” tandasnya.

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments