Foto: http://gukguk.info

Pemerintah Umumkan Logo dan Maskot Asian Games 2018

Foto: http://gukguk.info

Foto: http://gukguk.info

JAKARTA, suaramerdeka.com – Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang, logo dan maskot Asian Games (AG) 2018 akhirnya bisa didapatkan. Logo yang dipilih berupa logo bersketsa grafis GBK dan maskot bernama Bhin Bhin, Atung dan Ika. Maskot tersebut merupakan tiga satwa di Indonesia yang mewakili Indonesia Barat, Tengah dan Timur.

Bhin Bhin adalah burung cendrawasih (Indonesia Timur), Atung merupakan rusa bawean (Indonesia Tengah) dan Ika adalah badak bercula satu (Indonesia Barat). Logo dan maskot yang menjadi identitas AG 2018 ini diumumkan bersama oleh Kepala Staf Presiden (KSP) Teten Masduki, Menpora Imam Nahrawi, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, dan Wakil Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Muddai Madang di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/7).

Menpora Imam Nahrawi mengatakan, logo yang dipilih pemerintah menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke dunia, serupa saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke IV tahun 1962. Dengan logo baru ini, Indonesia sebagai tuan rumah siap menunjukkan jati diri kepada dunia melalui penyelenggaraan dan prestasi yang sukses.

“Logo baru ini dipilih melalui sayembara secara terbuka yang digelar Badan Ekonomi Kreatif. Pemerintah mendengar banyak masukan dari masyarakat untuk mengganti logo sebelumnya yang bergambar untaian bulu burung cenderawasih, selain itu kami juga akan bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif untuk membuat desain logo Asian Youth Games yang akan dislenggarakan di Indonesia pada 2017 mendatang, ” ujar Menpora.

Adapun pemenang dari sayembara logo dan maskot AG 2018 adalah Feat Studio. Mereka membuat logo berupa sketsa grafis tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang dipadukan dengan sketsa delapan pintu stadion. Di bagian tengah disusupi gambar matahari yang merupakan logo Asian Games.

“Kami mengacu pada tema sayembara yaitu The Energy of Asia. Kami terinspirasi semangat Bapak Bangsa Soekarno yang membangun kompleks olahraga Gelora Bung Karno dan beberapa bangunan lain untuk penyelenggaraan Asian Games 1962,” kata  Jefferson Edri, pemenang sayembara logo dan maskot.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments