Foto: Istimewa

Pembatalan PON Remaja, KONI Pusat Belum Berani Bersikap

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Rencana Kemenpora yang akan membatalkan Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja 2017 di Jawa Tengah, belum diketahui KONI Pusat. Organisasi yang membawahi cabang olahraga prestasi di Indonesia ini belum bisa menentukan langkah mengingat surat resmi dari pemerintah belum diterima.

“Saya belum tahu soal pembatalan PON Remaja. Kalau sudah ada keputusan pasti, kami akan segera berkoordinasi dengan anggota untuk menentukan langkah berikutnya,” kata Wakil Ketua KONI Pusat Suwarno saat dihubungi media di Jakarta, Rabu (12/10).

Sesungguhnya, PON Remaja dinilai cukup bermanfaat karena dipakai persaingan untuk memunculkan atlet muda berpotensi dari daerah. Belum lagi, PON Remaja 2017 juga mempertandingkan cabang olahraga yang mengacu pada Olimpiade.

Hal ini sebenarnya juga selaras dengan kehendak pemerintah yang menginginkan cabang-cabang olahraga Olimpiade. Harapannya, Indonesia memiliki atlet potensial yang dipersiapkan sejak saat ini sebelum menuju Olimpiade 2020. “Pekan Olahraga Remaja 2017 akan prioritaskan cabang Olimpiade, sama halnya dengan PON 2020,” katanya.

Jika pun Kemenpora tetap membatalkan ajang dua tahunan itu, lanjut Suwarno, pihaknya tak akan rugi dengan masalah anggaran. Sebab sejauh ini KONI Pusat belum mengeluarkan anggaran sepeser pun.

“Untuk biaya yang disiapkan KONI, kami pun belum tahu pasti. Tapi yang jelas belum satupun dana dari KONI Pusat keluar untuk penyelenggaraan PON Remaja. Tidak tahu ya kalau KONI Jateng, pasti mereka sudah persiapkan diri,” tandasnya.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments