Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Pembalap Jateng Siap Tembus Pelatnas

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com -  Para pembalap Jateng bersiap menembus pelatnas guna menghadapi SEA Games 2015 yang rencananya digelar di Singapura. Langkah awal untuk masuk dalam Timnas Merah Putih dibuka melalui tes fisik yang bakal diselenggarakan di Jakarta, Senin (19/1).

”Informasi dari pelatih pelatnas Mbak Nurhayati, ada dua pembalap nomor jalan raya dari Jateng yang dipanggil yakni saya dan Kalista (atlet putri Semarang-red). Kalau ada nomor BMX, mestinya Toni Syarifudin (Solo) dan Susi Suwanti (Jepara) juga dipanggil. Tapi saya belum kontak Toni,” kata Endra, Jumat (16/1).

Dia menambahkan, tes yang akan dijalani para pembalap adalah tes VO2Max (kapasitas maksimal oksigen yang dapat diserap tubuh). Guna menembus tes tersebut, sejak beberapa waktu lalu dia berlatih fisik secara lebih ketat dalam klubnya, Customs Cycling Club (CCC) Jakarta yang bermarkas di daerah Gagak Sipat, Boyolali.

”Saya benar-benar memanfaatkan latihan bersama klub, meski berapa waktu terakhir hanya menempuh jalur-jalur pendek seperti Yogyakarta dan Boyolali. Saya lebih menekankan latihan <I>endurance<P>, sebab tesnya berkait dengan ketahanan fisik,” tuturnya.

Endra telah mengenyam pelatnas balap sepeda selama dua kali. Pembalap kelahiran 1 September 1986 tersebut menghuni pelatnas SEA Games 2011 dan pelatnas SEA Games 2013. Karena itu, dia merasa optimistis mampu menunjukkan performa fisiknya yang prima agar bisa kembali masuk sebagai penghuni pelatnas.

”Saya bertekad bisa masuk tim inti hingga bisa membawa pulang medali dari Singapura nanti. Mudah-mudahan keinginan saya terwujud,” tutur bapak seorang anak tersebut.

Berdasarkan informasi yang dia peroleh, terdapat tiga nomor jalan raya yang akan dilombakan dalam SEA Games mendatang. Ketiganya adalah individual time trial (ITT), team time trial (TTT) dan road race.

”Tiga nomor tersebut merupakan nomor-nomor dalam spesialisasi saya. Tak ada nomor kriterium. Namun saya akan konsentrasi penuh untuk menembus seleksi awal dulu,” ujar Endra.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments