Foto: istimewa

Pemain Berdarah Indonesia di Eropa Akan Dinaturalisasi

Foto: istimewa

Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pemerintah mendukung penuh upaya PSSI yang ingin menaturalisasi pemain. Dengan adanya tambahan pemain naturalisasi, diharapkan timnas Indonesia bisa berprestasi ketika mengikuti berbagai ajang internasional.

Untuk mewujudkan itu, Menpora Imam Nahrawi meminta bantuan kepada Kementerian Luar Negeri untuk mendata pemain-pemain keturunan Indonesia yang berlaga di Eropa Barat dan Qatar. Permintaan Menpora tersebut sudah disampaikan melalui surat resmi tertanggal 27 Januari 2017.

“Mohon Menteri (Menlu) berkenan menyampaikan arahan kepada para Kepala Perwakilan di kawasan Eropa Barat dan juga di negara Qatar agar melakukan pendataan terhadap potensi sejumlah pemain keturunan Indonesia yang tentu saja dengan kompetensi dan prestasi yang berkualitas,” demikian isi surat Menpora yang dikirim ke Menteri Luar Negeri.

Juru Bicara Kemenpora Gatot Dewa Broto mengatakan, sebenarnya program naturalisasi bukan prioritas utama. “Ini hanya antisipasi saja, toh prosesnya panjang. Jadi stok pemain lokal, apalagi masih usia muda adalah prioritas utama,” jelas Gatot.

Menurutnya, terobosan tersebut bisa dicoba. Namun seandainya nama-nama pemain yang didata pemerintah nanti tidak sesuai dengan keinginan PSSI, pihaknya tak mempersoalkan. “Data yang ada akan diserahkan pada PSSI, mau dipakai atau tidak, monggo,” ujar dia.

Seandainya sudah menggunakan jasa pemain naturalisasi, pihaknya memberi target tinggi kepada timnas yang dikirim ke berbagai event internasional. “Target? Jelas harus berprestasi,” kata pria yang juga menjabat Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora tersebut.

Saat ini, pemain yang dibidik untuk dinaturalisasi adalah pemain muda Ajax Amsterdam Ezra Walian. Dia sudah ditawari untuk memperkuat timnas Indonesia U-22 proyeksi SEA Games 2017.

Pemain 19 tahun tersebut, bahkan sudah mengajukan proses naturalisasi dan kini berkasnya telah berada di meja Presiden. Selain itu ada nama Andri Syahputra yang kini membela klub Al Gharafa FC, Qatar. Pemain 16 tahun itu sedang didekati agar bersedia menjadi warga negara Indonesia (WNI).

(Arif M Iqbal/CN39/SM Network)

Comments

comments