Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Pelatnas NPC Bakal Tambah 16 Perenang

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – National Paralympic Committee (NPC) Indonesia bakal menambah 16 perenang dalam pelatnas menghadapi ASEAN Para Games (APG) Malaysia 2017. Tambahan itu telah masuk dalam daftar 100 atlet pelatnas tahap kedua yang diajukan otorita olahraga difabel Tanah Air tersebut kepada Prima, beberapa waktu lalu.

“Kalau surat keputusannya turun, maka total atlet renang sesuai kuota pelatnas NPC menjadi 35 atlet. Selama ini sudah ada 19 perenang yang menjalani pelatnas tahap pertama sejak Juli lalu,” kata pelatih renang NPC, Dimin, Selasa (3/1).

Menurutnya, perenang dalam daftar tahap kedua yang diajukan hampir seluruhnya atlet-atlet muda potensial. Mereka merupakan hasil pantauan dari ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 di Jabar, Oktober lalu. Hanya seorang perenang yang sudah pernah terjung di ajang APG Singapura 2015 dalam daftar tambahan tersebut, yakni Ika Aprilia Dewi dari Kaltim.

“Meski sebagian besar debutan, tapi kami telah cermati mengenai potensi besar mereka sehingga diperkirakan mampu bersaing di arena APG Malaysia nanti,” tandas Dimin.

Selain mengajukan tambahan, jajaran pelatih renang NPC juga bakal mendegradasi tiga atlet yang telah bergabung dalam pelatnas tahap pertama. Dimin enggan menyebut ketiga atlet yang bakal dicoret dari daftar, karena waktunya akan dibarengkan dengan pemanggilan perenang tahap kedua.

Tapi dia menyebut keputusan degradasi berkait ketidakdisiplinan berlatih atlet-atlet bersangkutan. “Kalau tidak disiplin berlatih, tentu prestasinya tidak lagi bisa diandalkan pada masa mendatang. Kami sudah mempunyai tiga nama baru sebagai penggantinya,” jelasnya.

Di sisi lain, para perenang pelatnas lain terus rutin ditempa dengan berbagai materi latihan. Di antara mereka terdapat beberapa nama yang menjadi andalan dalam memburu medali emas APG.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments