Foto: suaramerdeka.com / Gading Persada

Pebulu Tangkis Luar Negeri Ambil Bagian di Sirnas Seri V

Foto: suaramerdeka.com / Gading Persada

Foto: suaramerdeka.com / Gading Persada

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Seri kelima kejuaraan bulu tangkis Sirkuit Nasional (Sirnas) bertajuk Yogyakarta Open 2015 menarik minat sejumlah pebulu tangkis mancanegara. Berlangsung di GOR Amongrogo Kota Jogja dan GOR Klebengan, Sleman, 18-22 Agustus, sedikitya sembilan peserta dari luar negeri turut ambil bagian.

“Total peserta ada 1.379 pebulu tangkis, beberapa di antaranya berasal dari luar negeri seperti Prancis, Kanada dan negara tetangga, Singapura,” tutur Sekretaris Panitia Vierman Suryanto, Selasa (18/8).

Menurut Vierman, atlet-atlet dari luar negeri ini tampil di Indonesia sebagai bagian dari program training camp (TC) mereka. Pasalnya, tidak sedikit sejumlah negara mengirimkan atletnya untuk menimba ilmu dan pengalaman bertanding di cabang tepok bulu ini di Indonesia. “Maka tidak mengherankan rata-rata yang ikut merupakan atlet timnas di negaranya,” imbuh dia.

Dari catatan panitia, negara Eropa seperti Prancis mengirimkan atletnya paling banyak. Tercatat ada tujuh pebulu tangkis dari Negeri Menara Eiffel itu. Lalu ada Kanada yang hanya mengikutsertakan seorang atletnya, sama dengan negara tetangga, Singapura.

“Saya ingin mencari pengalaman bertanding di sini (Indonesia-red) karena di negara saya dan di Eropa, turnamen bulu tangkis sedikit sekali,” sambung pebulu tangkis asal Perancis, Arnaud Merkel.

Tampil perdana di sebuah turnamen di Indonesia, tidak membuatnya gugup. Bahkan di partai pertamanya diakhiri dengan kemenangan usai menaklukan M Nur dari PB Mutiara Bandung dua set langsung, 21-9 dan 21-10. “Awalnya cukup berat karena suhu di Indonesia cukup panas. Saya bersyukur bisa main di Indonesia,” imbuh Merkel yang masuk skuat Timnas U-15 bulutangkis Prancis.

Sang pelatih, Aril Yani Bahrial mengakui anak didiknya itu sempat gugup di awal laga. Namun setelah diberi motivasi akhirnya, Merkel pun tampil baik dan memenangkan pertandingan.

(Gading Persada / CN26)

Comments

comments