Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Pebalap Pelatda Bidik Tiga Besar Kejurnas Indonesia Velorace

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com. Tim pelatda balap sepeda Jateng membidik peringkat tiga besar pada Kejurnas Terbuka Indonesia Velorace Competition yang digelar di velodrome Manahan Solo, Jumat-Minggu (20-22/5). Para pebalap proyeksi PON yang diandalkan untuk memburu medali pada ajang khusus nomor-nomor track itu antara lain Diwan Fiar Pradana, Dimas Dwi Saputro dan Edi Purnomo.

”Diwan dan Dimas akan bersaing di kelompok U23, sedangkan Edi Purnomo turun di kelas senior atau man elite. Saya yakin atas kemampuan ketiganya untuk menembus tiga besar,” kata pelatih tim pelatda balap sepeda track Jateng, Nico Subagyo, Kamis (19/5).

Diwan dan Dimas diplot turun di empat nomor, yakni individual pursuit (IP) 1.000 meter, point race, keirin dan scratch race. Sementara Edi Purnomo hanya akan bersaing di nomor keirin. ”Rival berat yang bakal kami hadapi terutama atlet-atlet pelatnas. Namun pebalap dari daerah yang memiliki fasilitas velodrome seperti Malang dan Bandung juga patut diperhitungkan,” ujar Nico.

Secara keseluruhan, ada enam atlet pelatda Jateng yang rencananya diturunkan dalam kejuaraan memperebutkan Piala Wali Kota Surakarta itu. Tiga lainnya adalah Bayu Satrio, serta Caputri dan Sri Suyamti. Ketiganya juga akan bersaing di nomor keirin.

”Kemampuan Bayu sebenarnya juga bagus, tetapi untuk nomor 4.000 team pursuit. Sayangnya kelas itu tidak dilombakan. Sedangkan Caputri dan Sri Suyamti sebenarnya belum terlalu siap untuk lomba, karena saat ini pelatda baru masuk program endurance,” jelas Nico.

Ada 13 nomor lomba yang akan digelar dalam ajang tersebut, termasuk bagi komunitas master dan fixie. Panitia bidang lomba Yan Teguh Waskito menambahkan, selain awak pelatnas, cukup sulit memprediksi kekuatan para pebalap dari berbagai daerah yang bakal beradu kebut.

Sebab selama ini sangat jarang digelar kejuaraan khusus nomor-nomor track. Padahal pada PON Jabar 2016 nanti, nomor-nomor itu dilombakan.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments