Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

PB PRSI Targetkan Atlet Lolos Olimpiade Tokyo

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) tengah mempersiapkan atlet potensial untuk tampil pada Olimpiade Tokyo 2020. Para perenang tersebut akan dikirim mengikuti berbagai kejuaraan yang masuk kategori kualifikasi Olimpiade dengan target lolos limit A.

Menurut Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E Rahardjo, untuk menggapai target lolos limit A bukan perkara mudah karena harus bersaing dengan atlet-atlet kelas dunia.

Sejauh ini, Indonesia selalu kesulitan mengirim perenang dengan tiket murni. Beberapa kali Indonesia hanya mendapat kartu bebas hambatan atau wild card. Jika hanya mengandalkan wild card peluangnya cukup tipis karena harus bersaing dari babak awal Olimpide sebelum masuk putaran final.

“Karena itu, target meloloskan perenang masuk limit A harus kita capai. Mereka akan tampil di 16 besar langsung tanpa memulai dari awal,” ujar Harlin di Jakarta, Jumat (9/12).

Kini, perenang yang disiapkan adalah atlet muda yang berusia antara 14-18 tahun. Mereka cukup potensial dan usianya akan matang ketika Olimpiade Tokyo 2020 digelar. “Kami ingin melihat mereka bermain dan masuk TV. Syukur-syukur bisa dapat emas. Itu mimpi kami dan modal mengarah ke sana sudah ada,” kata dia.

Guna meningkatkan kemampuan, para perenang muda tersebut akan dibuatkan jadwal menjalani training center (TC) dan diikutkan berbagai kejuaraan, baik di dalam maupun luar negeri.

Dalam waktu dekat ini, selain ajang SEA Age Group Swimming Championship 2016 di Bangkok, Thailand, 9-11 Desember, juga ada kejuaraan renang kelompok umur antarperkumpulan (Krapsi) di Surabaya, akhir Desember. Selain itu, masih ada lagi SEA Games 2017 Malaysia dan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments