Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

PB PRSI Rekrut Zoran untuk Latih Timnas Polo Air Putri

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

Foto: suaramerdeka.com / Arif M Iqbal

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) terus mendatangkan pelatih asing ke Indonesia. Setelah merekrut Anna Nasekina (Rusia) sebagai pelatih timnas renang indah dan Milos Sakovic (Serbia) sebagai pelatih timnas polo air putra, kini giliran timnas polo air putri yang dicarikan pelatih.

Untuk mengisi posisi itu, PB PRSI telah menunjuk pria berkebangsaan Serbia, Zoran Kontic. Sebelumnya, Zoran membesut timnas polo air Turki selama delapan tahun sejak 2008. Menurut Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin E Raharjo, perekrutan Zoran diharapkan bisa meningkatkan prestasi olahraga akuatik tersebut pada SEA Games 2017 Malaysia.

“Pengalaman Zoran begitu luas. Dia menjadi pelatih sudah lama, sejak 1993. Dia adalah pelatih yang terkenal disiplin, sehingga diharapkan timnas polo air putri berprestasi. Kalau SEA Games sebelumnya kita meraih medali perunggu, harapan kami SEA Games 2017 bisa lebih baik dari itu,” kata Harlin saat memperkenalkan Zoran Kontic di Jakarta, Jumat (31/3), didampingi Sekjen PRSI Ali Patiwiri, Kabid Pembinaan Prestasi Wisnu Wardhana, Komisi Teknik Boyke Mulyana dan pelatih polo air putra Milos Sakovic.

Harlin menambahkan, pihaknya mengontrak Zoran selama dua tahun hingga Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Namun pihaknya akan mengevaluasi status mantan pelatih timnas polo air Serbia itu usai pelaksanaan SEA Games 2017. “Rencana kontrak sampai Asian Games. Tapi nanti akan ada review setelah SEA Games,” ujarnya.

Zoran akan mulai memimpin pemusatan latihan nasional (Pelatnas) pada awal April ini. Banyak agenda yang sudah disiapkan, antara lain menjalani training center (TC) hingga mengikuti kejuaraan di luar negeri. “Rencana ke depan sampai SEA Games, saya mengusulkan program TC di Australia, lalu uji coba lawan Malaysia, juga beberapa turnamen dengan mengundang tim-tim di Indonesia agar pemain mendapatkan banyak pengalaman,” ungkap Zoran.

Mengenai target yang dicanangkan federasi agar memperbaiki medali dari perunggu menjadi perak atau emas, Zoran mengaku otimistis. Dia akan bekerja keras mengingat waktu persiapan menuju SEA Games tak sampai lima bulan lagi. “Saya bersama pemain harus percaya diri untuk meraih prestasi terbaik di SEA Games. Target harus kami penuhi,” kata dia.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments