Foto: suaramerdeka.com / dok

PB PRSI Bertekad Bangkitkan Prestasi Renang

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) di bawah kepemimpinan Anindya Novyan Bakrie memiliki pekerjaan besar untuk membangkitkan prestasi renang Indonesia. Sebab sejauh ini, prestasi renang, termasuk di dalamnya seperti polo air, loncat indah dan renang indah terus menurun dari tahun ke tahun.

Salah satu cara untuk membangkitkan olahraga ini adalah sering-sering mengikutsertakan atlet mengikuti kejuaraan internasional. Namun, saat ini pihaknya akan fokus pada SEA Games 2017 Malaysia lantaran pelaksanaan tinggal tujuh bulan lagi.

“Untuk SEA Games, waktunya cukup sempit. Kami harus melihat mana nomor-nomor yang bisa kita colong (medali). Kami belum bisa bilang berapa (medali), tapi lebih dari satu untuk renang. Kami juga berharap di polo air,” ujar Ketua Umum PB PRSI Anindya Novyan Bakrie usai pengukuhan kepengurusan PB PRSI periode 2016-2020 di The Westin Hotel, Kuningan, Jakarta, Rabu (11/1).

Menyongsong SEA Games, renang mendapat kuota 24 atlet dari Satlak Prima. Mereka akan menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Bali. Namun, beberapa atlet minta pelatnas di Jakarta dan Bandung mengingat sekolahnya tak bisa ditinggalkan.

“Ada yang ingin fokus di Jakarta, di Bandung juga karena masalah pendidikan. Jadi kami buat fleksibel saja, kami sesuaikan. Nanti sekitar lima atau enam atlet akan kami kirim untuk latih tanding ke luar negeri. Australia mungkin menarik karena sedang summer,” ungkap putra pertama pengusaha Aburizal Bakrie ini.

Pada pengukuhan tersebut, hampir semua stake holder olahraga turut hadir, di antaranya Menpora Imam Nahrawi, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir dan Ketua Satlak Prima Achmad Sutjipto.

Menpora Imam Nahrawi optimistis cabang renang di bawah kepemimpinan Anindya Bakrie bisa berprestasi, sehingga akan lahir atlet-atlet andal seperti era Richard Sam Bera. Pihaknya juga mendorong PB PRSI untuk melakukan pembinaan dengan baik supaya Indonesia memiliki atlet berprestasi di kancah internasional. “Saya ingin PRSI mampu memunculkan atlet-atlet renang yang andal,” kata Menpora.

(Arif M Iqbal / CN26)

Comments

comments