Foto: unnes.ac.id

PASI Jateng Gelar Kejurprov Yunior dan Remaja

Foto: unnes.ac.id

Foto: unnes.ac.id

SEMARANG, suaramerdeka.com – Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng menggelar Kejurprov Atletik Jateng Yunior dan Remaja di Lintasan Atletik Unnes, Sabtu-Minggu (2/3). Kejuaraan akan diikuti atlet dari 35 kabupaten/kota dan sejumlah klub di provinsi ini. Ajang tersebut, sekaligus seleksi dan persiapan kejurnas yunior/remaja di Jakarta, 5-8 April dan Popnas Jateng 2017, September mendatang.

“Kejurprov ini sebagai upaya kami meningkatkan daya saing atlet di level yunior dan remaja. Mereka merupakan proyeksi jangka panjang untuk berbagai event termasuk PON XX Papua 2020 nanti. Ini juga sebagai upaya regenerasi agar Jateng tak kekurangan atlet,” tutur Ketua Harian PASI Jateng Rumini di Semarang, Kamis (2/3).

Kejurprov, kata dosen FIK Unnes itu, akan memperlombakan 15 nomor dari lari (sprint, jarak menengah, dan jauh), lempar, lompat, dan jalan cepat. Pihaknya ingin mempersiapkan seawal mungkin agar hasil yang diraih bisa maksimal. Rumini menilai, prestasi atlet atletik remaja dan yunior provinsi ini cukup bagus.

Pada kejurnas 2016 lalu, berhasil menjadi juara umum.”Hanya saja, kesenjangan antara atlet senior dengan yunior cukup jauh. Kesenjangan inilah yang kami coba untuk pangkas. Sehingga, saat mereka masuk ke level senior telah siap. Bagaimanapun juga, mereka akan masuk ke level (senior) itu. Harus siap menghadapi persaingan yang lebih ketat,” tutur peraih emas SEA Games Thailand 1995 itu.

Rumini menginginkan konsistensi atlet untuk terus berlatih. Dia menilai, saat berprestasi di level yunior namun ketika masuk ke senior seperti kehilangan daya saing. Hal itu menjadi perhatian PASI Jateng. ”Kami akan melakukan evaluasi pada perkembangan atlet yunior dan remaja di kejurprov nanti,” kata Rumini.

(Krisnaji Satriawan / CN26)

Comments

comments