Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Panjat Tebing Kesulitan Try Out Speed

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Pelatda panjat tebing Jateng yang diproyeksikan untuk menghadapi PON Jabar 2016, kesulitan mencari ajang try out. Arena uji coba nomor-nomor lead dan boulder telah mereka peroleh, namun agenda kejuaraan di papan speed tidak ada yang menggelar hingga akhir Maret mendatang.

“Sebenarnya kami telah merancang try out untuk speed pada kompetisi di IAIN Surakarta, akhir pekan ini. Tapi panitia ternyata membatasi peserta umum tak boleh atlet pelatda,” kata pelatih pelatda panjat tebing Jateng, Triyanto Budi Santoso, Kamis (25/2).

Padahal, delapan atlet telah disiapkan untuk adu ketangguhan dan kecepatan dalam kejuaraan di IAIN tersebut. Salah seorang yang diplot untuk lomba speed di ajang itu adalah pemanjat Solo, Alfian M Fajri.

Sebelumnya, sejumlah atlet juga telah dikirim untuk bertarung pada kejuaraan khusus boulder di Kuta, Bali, beberapa waktu lalu. Namun para atlet Jateng tidak meraih hasil maksimal dalam kompetisi di Pulau Dewata itu.

“Maret nanti, masih ada lagi kejuaraan untuk try out lead di Jawa Timur, serta boulder di Balikpapan. Namun ajang untuk speed tidak ada yang menggelar,” ungkapnya.

Situasi itu punya potensi bisa mengganggu rancangan program spesialisasi nomor bagi para atlet yang sedianya dilakukan Maret mendatang. Soal jalan keluarnya, lelaki yang juga guru olahraga SMP 1 Tangen Sragen itu menuturkan, pihaknya
berencana melakukan simulasi-simulasi untuk nomor-nomor speed.

‘’Jadi antar atlet nanti kami adu sendiri, guna memastikan spesialisasi nomor yang tepat untuk mereka masing-masing,’’ ujar Budi.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments