Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

NPC Jateng Siap Sumbang Atlet Muda ke Pelatnas APG

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Jajaran National Paralympic Committee (NPC) Jateng siap menyumbang atlet muda untuk masuk dalam pelatnas. Debutan yang diprediksi menambah daftar penghuni pelatnas menghadapi ASEAN Para Games (APG) Malaysia 2017 itu terutama mereka yang menorehkan prestasi mencolok di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 di Jabar, Oktober lalu.

“Atlet atletik seperti, Sapto Yoga Purnomo, kami prediksi bakal dipanggil pelatnas pada tahap kedua nanti. Mungkin ada beberapa atlet lainnya,” kata Sekretaris NPC Jateng, Nasrudin, Kamis (1/12).

Pada Peparnas lalu, Sapto Yoga meraih lima medali emas. Dia menjadi jawara di lintasan lari 100 meter, 200 meter dan lompat jauh kelas T38. Dia juga merebut emas estafet 4×100 meter dan estafer 4×400 meter kelas T35-T38.

Seorang lagi atlet muda atletik yang sudah masuk pelatnas tahap pertama adalah Kharisma Evie Tiarani. Pada Peparnas lalu, Evie menggenggam tiga medali emas. Tiga gelar juara tersebut direbutnya dari nomor-nomor perorangan, yakni 100 meter, 200 meter dan lompat jauh kelas T44 putri. “Atas prestasi itu, saya rasa keduanya bakal menambah daftar atlet NPC Jateng di pelatnas,’’ ujar Nasrudin.

Plt Ketua Umum NPC Jateng Bangun Sugito menambahkan, pada pelatnas tahap pertama yang dimulai Agustus lalu, ada 18 atlet Jateng turut digembleng. Mereka dari cabang angkat berat, atletik, bulu tangkis, menembak, renang, tenis meja dan panahan. “Atlet muda Banyu Trimulyo sudah masuk pelatnas tenis meja. Dia memang punya potensi bagus di kelas TT8,’’ tutur Sugito.

Terpisah, Wakil Sekjen NPC Indonesia Sophia Prawindya menyebut pelatnas tahap kedua kemungkinan dilakukan pada Januari 2017. Namun hal itu masih menunggu keputusan dari Prima. ‘’Nanti akan dibarengkan dengan program promosi dan degradasi atlet,’’ kata dia.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments