BERSAING: Beberapa atlet low vision bersaing di lintasan atletik Stadion Sriwedari pada seleksi atlet NPC Jateng, 30 Mei lalu. Hasil seleksi diproyeksikan untuk menghadapi Peparnas Jabar 2016. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

NPC Jateng Panggil 156 Atlet

BERSAING: Beberapa atlet low vision bersaing di lintasan atletik Stadion Sriwedari pada seleksi atlet NPC Jateng, 30 Mei lalu. Hasil seleksi diproyeksikan untuk menghadapi Peparnas Jabar 2016. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

BERSAING: Beberapa atlet low visionbersaing di lintasan atletik Stadion Sriwedari pada seleksi atlet NPC Jateng, 30 Mei lalu. Hasil seleksi diproyeksikan untuk menghadapi Peparnas Jabar 2016. (suaramerdeka.com/Setyo Wiyono)

SOLO, suaramerdeka.com – National Paralympic Committee (NPC) Jateng memanggil 156 atlet di wilayahnya agar segera merapat di Solo. Mereka diminta masuk pemusatan latihan daerah (pelatda) yang diproyeksikan guna menghadapi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Jabar 2016.

“Surat pemanggilan sudah kami layangkan kepada 24 NPC tingkat kota/kabupaten di Jateng, kemarin. Para atlet itu diharapkan mulai masuk pelatda di Solo usai lebaran, tepatnya 11 Juli nanti,” kata Sekretaris Umum NPC Jateng Nasarudin, Kamis (30/6).

Dia mengungkapkan,156 atlet tersebut telah lolos seleksi yang digelar di Kota Bengawan, 30 Mei lalu. Mereka akan berlatih intensif dalam sepuluh cabang yang disiapkan Jateng. Atletik merupakan cabang yang terbanyak meloloskan atlet yakni 50 orang, sementara catur berawak paling sedikit cuma dua atlet.

Cabang-cabang lain yang digelar dalam pelatda adalah renang dengan 18 atlet, bowling (10 atlet), bola voli (15 atlet), bulu tangkis (15 atlet). Selanjutnya tenis meja (16 atlet), panahan (14 atlet), sepak bola (10 atlet) dan angkat berat (enam atlet).

Siapkan Venues

Plt Ketua Umum NPC Jateng Bangun Sugito menambahkan, penginapan dan venues yang digunakan untuk pelatda, kini sudah disiapkan.

Berdasarkan rancangan yang telah disusun, atletik akan menjalani pemusatan latihan di stadion mini kampus UNS kawasan Kentingan, bulu tangkis di GOR Sinar Kasih Kadipiro, tenis meja di tempat latihan PTMSI Surakarta dan voli duduk di GOR PGSD FKIP UNS Surakarta.

Selanjutnya sepak bola di lapangan Kadipolo, ten pin bowling di Bengawan Sport, angkat berat di kompleks Kantor NPC Indonesia. Delapan belas perenang akan digembleng di kolam renang Tirtomoyo Jebres, serta catur ditempa dalam latihan di aula Hotel Indah Jaya Solo.

“Pelatda cabang panahan, semula akan ditempatkan di Sragen. Namun atas pertimbangan venue dan tempat menginap cukup jauh, maka akhirnya dicarikan tempat di lapangan UNS kawasan Ngoresan. Jadi semuanya tersentral di Solo,” jelas Sugito.

NPC Jateng memburu target mempertahankan gelar juara umum Peparnas. Pada ajang serupa empat tahun lalu atau pada Peparnas Riau 2012, tim Jateng menjadi pengumpul medali emas terbanyak yakni 91 keping.

(Setyo Wiyono/CN39/SM Network)

Comments

comments