Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

NPC Jateng Bidik 30 Emas Atletik Peparnas

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

Foto: suaramerdeka.com / Setyo Wiyono

SOLO, suaramerdeka.com – Sebanyak 30 medali emas dibidik atlet-atlet National Paralympic Committee (NPC) Jateng di cabang atletik pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 di Jabar. Target tersebut akan diburu dari berbagai nomor, antara lain lari, tolak peluru, lempar lembing, lempar cakram, balap kursi roda dan lompat tinggi.

“Atlet-atlet pelatnas dan senior tetap menjadi tumpuan dalam perburuan medali emas. Tetapi beberapa debutan juga punya peluang bagus untuk merebut gelar juara,” kata pelatih atletik NPC Jateng, Purwo Adi Sanyoto di sela-sela pelatda di Stadion Sriwedari, Selasa (4/10).

Atlet pelatnas yang jadi andalan tersebut antara lain Mulyono di nomor lari sprint 100 meter dan lompat jauh kelas T42, Wagiyo di lintasan sprint 200 meter dan 400 meter T44, Timin di nomor lari 800 meter T37, serta Priyano di arena lempar cakram dan tolak peluru F46.

Lalu Famini di nomor lempar cakram, lempar lembing dan tolak peluru F56. “Saya akan berusaha tampil maksimal untuk kembali merebut tiga emas seperti pada Peparnas XIV/2012,” ujar Priyano.

Para atlet muka lama juga menjadi tumpuan. Mereka misalnya Tatag Sugiyono (kelas T42) di nomor lompat tinggi, pembalap kursi roda Jaka Sriyana (T53) di nomor 1.500 meter dan Ahmad Saidah (T54) di nomor 10.000 meter, serta Dwi Oktaviani (F55) di arena lempar cakram.

Kendati demikian, menurut Purwo ada beberapa atlet muda debutan yang juga memiliki peluang besar merebut medali emas, seperti Kharisma Evi Tiarani (T44) dan Sapto Yoga (T37). “Evi yang masih berstatus atlet PPLP Difabel Jateng, kami yakini bisa meraih emas sprint 100 meter dan 200 meter, sedangkan Sapto Yoga berpeluang besar menjadi juara lompat jauh,” ungkap Purwo.

Secara keseluruhan terdapat 51 atlet Jateng yang akan bersaing di cabang atletik Peparnas Jabar. Cabang tersebut diperkuat atlet terbanyak. Menurut Plt Ketua NPC Jateng Bangun Sugito, total ada 156 atlet yang kini bersiap menghadapi Peparnas. Mereka turun di 10 cabang, yakni atletik, angkat berat, bulu tangkis, catur, sepak bola, renang, ten pin bowling, tenis meja dan voli duduk.

(Setyo Wiyono / CN26)

Comments

comments