Foto: suaramerdeka.com / dok

Nismo Festival 2015, Padukan Ketegangan dan Kesenangan dalam Lintasan

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

SELAMA ini kompetisi adu kecepatan mobil dan motor di dunia kerap identik dengan beragam merek ternama yang menjadi pesertanya, sebutlah balap jet darat Formula1 dan balap roda dua MotoGP. Lumrah ketika penonton pun membludak baik yang menyaksikan langsung datang ke sirkuit maupun di layar kaca, karena masing-masing ingin menyaksikan jagoan dan tunggangannya beraksi adu kebut.

Tak demikian halnya dengan gelaran kompetisi yang satu ini, Nismo Festival, sebuah helatan akbar tahunan yang digelar pabrikan Nissan bagi para penggemarnya, mampu mendatangkan puluhan ribu penonton untuk menyaksikan kehebatan aksi dan performa mobil-mobil super kencang Nissan.

Bersama puluhan rekan media dari berbagai negara di kawasan Asia, Suara Merdeka mendapatkan kesempatan menyaksikan langsung hajatan tunggal produsen mobil asal negeri Sakura yang mengejutkan mata dengan berbagai aksi dan atraksi yang disuguhkan dalam event Nismo Festival 2015 berkat undangan PT Nissan Motor Indonesia.
Minggu pagi (29/11) sekitar 40 ribuan orang lebih riuh memadati sirkuit Fuji Speedway, yang masuk dalam prefektur Shizuoka, tempat dimana ajang tahunan ini digelar.

Dinginnya udara yang bertemperatur lima hingga enam derajat didukung langit yang cerah tak menghambat suasana festival adu kebut penggemar Nismo (Nissan Motorsport) yang berlangsung seru dan meriah. Selain raungan dan deru mesin, festival tahunan ini juga diriuhkan oleh para pemburu asesoris hingga pemilik Nissan retro serta tentunya para jurnalis yang tumplek blek dalam satu suasana.

Meski setiap pengunjung wajib merogoh kocek sebesar 2500 yen atau setara dengan 300 ribu rupiah untuk masuk ke event ini, namun mereka merasa senang karena dapat merasakan keunikan-keunikan yang berbeda dari perhelatan ajang adu kebut yang sudah pada umumnya.

Bersenang-senang

Diselenggarakan untuk yang ke-18 kalinya, Nismo Festival 2015 tak hanya menyuguhkan puncak acara balapan mobil super kencang, namun juga menjadi ajang reuni para pemilik mobil Nissan dan Datsun retro, serta ajang jual beli berbagai produk asesoris balap yang terjajar rapi pada barisan booth di pinggir sirkuit. Para pemilik mobil Nissan dan Datsun retro ini membawa beragam koleksinya sekaligus dan ada pula yang mengikutkan pada balapan khusus ajang ini.

Bagi mereka yang suka dan berniat mengoleksi asesoris hingga pernak pernik dari mulai miniatur langka, sparepart hingga merchandise, sudah pasti akan menyerbu booth-booth yang khusus pada event ini menjualnya dengan harga spesial.

Foto: suaramerdeka.com / dok

Foto: suaramerdeka.com / dok

Sementara momen istimewa yang ditunggu-tunggu pun akhirnya tiba, tepatnya sekitar 20 menit sebelum race dimulai, para pengunjung menyeruak masuk ke dalam lintasan untuk mendekati para pebalap berikut umbrella girl-nya. Mereka dibebaskan oleh petugas lomba untuk bisa bersalaman atau sekedar berbincang, minta tandatangan hingga selfie bareng pebalap idolanya. Nama-nama tenar seperti Yoshikazu Tsunako, Ronnie Quintelli, Ryuichiro Tomita  dan Tsugio Matsuda menjadi pusat kerumunan dan antrean untuk sesi ini.

Selain berfoto bersama dengan pebalap idola, gadis-gadis pemayung atau umbrella girl pun tak kalah laris untuk dijadikan bahan foto bersama. Ini memang merupakan konsep fun race yang diusung Nismo Fest dan yang menjadikannya unik.

Foto: suaramerdeka.com /dok

Foto: suaramerdeka.com /dok

Tak lama pengunjung pun diminta segera mengosongkan arena balap dan gelaran balapan pun segera dimulai. Sebanyak 23 pembalap yang turun di berbagai kelas GT 500, GT300 dan GT3 pun bersiap memacu mesin Nismo GT-R berkekuatan 500 horse power hingga sore hari balapan usai.

Tur Seru

Selain gelaran balap sebagai puncak acara Nismo Festival 2015 pada minggu pagi hingga sore tersebut, sensasi Nismo Festival 2015 juga dihadirkan sehari sebelumnya ketika pra-race berlangsung. Dengan membayar 3 ribu yen, Nismo Fest menawarkan safari circuit tour atau menjelajahi sirkuit Fuji Speedway dengan mengendarai bus.

Foto: suaramerdeka.com /dok

Foto: suaramerdeka.com /dok

Peserta tur diajak menikmati sensasi ketegangan di dalam lintasan balap secara langsung, termasuk menikmati raungan knalpot dan mesin bertenaga Nismo yang sedang melakukan pra race. Tur ini menggunakan bus khusus yang dirancang dapat ikutan masuk ke dalam lintasan arena balap untuk menyaksikan setiap deru laju pebalap.

(Marcomm SM / CN26)

Comments

comments