Foto: crash.net

Nico Rosberg Menangi GP Spanyol

Foto: crash.net

Foto: crash.net

BARCELONA, suaramerdeka.com - Hasil manis dibukukan Nico Rosberg setelah menjadi juara GP Spanyol, sekaligus merebut kemenangan pertamanya musim ini. Dalam balapan di Circuit de Catalunya, Minggu (10/5) malam WIB, Rosberg mengawali balapan dengan baik.

Mengawali balapan dari posisi terdepan, dia mampu mempertahankannya di tikungan pertama. Sementara, rekan setimnya, Lewis Hamilton, yang start dari posisi kedua disalip Sebastian Vettel sebelum tikungan pertama.

Enam lap berlalu, Rosberg masih bisa mempertahankan posisinya di depan dan terus memperlebar jarak dengan Vettel yang berada di posisi kedua. Sementara Hamilton, yang berada di urutan ketiga, tampak kesulitan untuk memacu kecepatannya.

Pada lap ke-15, Hamilton masuk pit dan butuh waktu sampai 5,3 detik di dalam pit lantaran bermasalah dengan ban kiri belakangnya. Ketika keluar pit, dia berada di belakang Pastor Maldonado. Tidak lama setelahnya, pada lap ke-16, giliran Vettel yang masuk ke dalam pit dan tidak butuh waktu terlalu lama di dalam pit sehingga dia tetap berada di depan Hamilton begitu kembali masuk lintasan.

Pada lap ke-17, Kimi Raikkonen sempat memimpin balapan, namun dia belum masuk ke dalam pit. Satu lap kemudian, Rosberg, Vettel, dan Hamilton kembali jadi tiga pebalap terdepan. Dua lap berselang, Rosberg masih memimpin balapan, sementara Hamilton masih berada di belakang Vettel dengan jarak sekitar satu detik.

Pada lap ke-34, Hamilton melakoni pit keduanya pada balapan kali ini dan berada di posisi keempat, di depan Raikkonen. Di depan Hamilton, kini ada Valtteri Bottas. Hamilton kemudian tancap gas dan naik ke posisi kedua pada lap ke-41, setelah Vettel masuk ke dalam pit. Hamilton pun memanfaatkan kesempatan ini untuk menggeber mobilnya.

Pada lap ke-54, Hamilton menorehkan catatan waktu tercepat dan meninggalkan Vettel yang tersendat traffic di belakang. Namun, Hamilton masih tertinggal jauh dari Rosberg yang memimpin sekitar 18 detik

Lima lap menjelang akhir balapan, Hamilton memangkas selisih waktu dengan Rosberg menjadi 13 detik saja. Namun, Rosberg tampak tidak tertahankan. Pada akhirnya, Rosberg sukses memenangi balapan dengan Hamilton berada di posisi kedua dan Vettel berada di urutan ketiga.

Hasil Balapan GP Spanyol

1. Nico Rosberg 1:41:12,555
2. Lewis Hamilton +17,551
3. Sebastian Vettel +45,342
4. Valtteri Bottas +59,217
5. Kimi Raikkonen +1:00,002
6. Felipe Massa +1:21,314
7. Daniel Ricciardo +1 lap
8. Romain Grosjean +1 lap
9. Carlos Sainz Jr. +1 lap
10. Daniil Kvyat +1 lap
11. Max Verstappen +1 lap
12. Felipe Nasr +1 lap
13. Sergio Perez +1 lap
14. Marcus Ericsson +1 lap
15. Nico Hulkenberg +1 lap
16. Jenson Button +1 lap
17. Will Stevens +3 lap
18. Roberto Merhi +4 lap

Tak Finis

Pastor Maldonado
Fernando Alonso

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments