Foto: Crash.net

Nico Rosberg Juara GP Meksiko

Foto: Crash.net

Foto: Crash.net

MEXICO CITY, suaramerdeka.com – Hasil bagus dicatatkan Nico Rosberg yang sukses menjuarai GP Meksiko yang digelar di Autodromo Hermanos Rodriguez, Senin (2/11) dini hari WIB. Sementara itu, Hamilton yang sudah mengunci gelar juara dunia pekan lalu finis di urutan kedua. Podium ketiga menjadi milik pebalap Williams, Valtteri Bottas.

Mengawali balapan dari posisi terdepan, Rosberg melakukan start dengan baik dengan mempertahankan posisinya di tikungan pertama, meski mendapat tekanan dari Hamilton. Di sisi lain, Vettel bernasib kurang beruntung usai disalip Daniil Kvyat dan sempat bersenggolan dengan Daniel Ricciardo di tikungan pertama.

Insiden tersebut pada akhirnya membuat Vettel harus masuk pit lantaran ban kanan belakangnya pecah. Di lap ketiga, Rosberg mulai menjauh dari Hamilton dengan mencatat waktu terbaik satu menit 25,195 detik, unggul 1,3 detik dari Hamilton.

Sementara itu, Kimi Raikkonen yang memulai balapan dari urutan ke-18 karena mendapat penalti perlahan mulai memperbaiki posisinya. Pebalap Ferrari itu sudah berada di posisi kesembilan di lap 11.

Sementara itu, Vettel menyalip Carlos Sainz Jr. untuk menempati posisi ke-12 di lap 16. Tapi di lap berikutnya, Vettel justru melintir dan membuatnya turun ke posisi ke-16. Di lap 22, Raikkonen dan Valtteri Bottas terlibat balapan sengit di tikungan pertama. Sampai beberapa tikungan berikutnya, Raikkonen mampu mempertahankan posisinya.

Tapi di tikungan kelima, kedua pebalap akhirnya terlibat kontak dan ban belakang bagian kanan Raikkonen mengenai ban kiri depan Bottas sekaligus membuatnya harus mengakhiri balapan. Rosberg yang tengah memimpin kemudian masuk pit di lap 27. Posisi terdepan kemudian diambil alih oleh Hamilton. Di lap 29, Hamilton gantian masuk pit dan Rosberg kembali memimpin balapan.

Balapan di Meksiko tampaknya benar-benar jadi hari yang buruk untuk Vettel. Di lap 52, mobilnya tergelincir dan menabrak dinding pembatas. Vettel pun harus mengakhiri balapannya. Dengan demikian, dua pebalap Ferrari gagal finis. Sementara itu, safety car masuk ke lintasan.

Setelah safety car meninggalkan lintasan di lap 56, Rosberg kembali harus membangun keunggulannya. Sebelumnya, dia sempat unggul sampai 3,5 detik di depan Hamilton. Di lap 59, Rosberg meninggalkan Hamilton dengan memimpin 1,5 detik di depannya. Sementara itu, Bottas menyalip Kvyat untuk merebut posisi ketiga.

Sejak saat itu, Rosberg terus memimpin jalannya balapan dan akhirnya mampu mempertahankan posisinya hingga menyentuh garis finis. Ini menjadi gelar juara keempat bagi Rosberg di musim ini.

Sebelumnya, kali terakhir dia naik podium teratas di GP Austria pada bulan Juni lalu. Dengan hasil ini, Hamilton memimpin klasemen pebalap dengan 345 poin. Sementara itu, Rosberg naik ke urutan kedua dengan 272 poin, menggeser Vettel yang tak mendapat angka karena gagal finis.

Hasil Balapan GP Meksiko:

1. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes 1:42:35.038
2. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes +1.9s
3. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +14.5s
4. Daniil Kvyat  Red Bull-Renault +16.5s
5. Daniel Ricciardo  Red Bull-Renault +19.6s
6. Felipe Massa  Williams-Mercedes +21.4s
7. Nico Hulkenberg  Force India-Mercedes +25.8s
8. Sergio Perez  Force India-Mercedes +34.3s
9. Max Verstappen Toro Rosso-Renault +35.2s
10. Romain Grosjean Lotus-Mercedes +37.9s
11. Pastor Maldonado  Lotus-Mercedes +38.5s
12. Marcus Ericsson  Sauber-Ferrari +40.1s
13. Carlos Sainz Jr  Toro Rosso-Renault +48.7s
14. Jenson Button  McLaren-Honda +49.2s
15. Alexander Rossi  Manor Marussia-Ferrari +2 lap
16. Will Stevens  Manor Marussia-Ferrari +2 lap

Tidak Finis

Felipe Nasr  Sauber-Ferrari
Sebastian Vettel  Ferrari-Ferrari
Kimi Raikkonen  Ferrari-Ferrari
Fernando Alonso McLaren-Honda

(Andika Primasiwi, rtr / CN26)

Comments

comments